Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Representasi Tindak Pelecehan Seksual pada Laki-Laki dalam Drama Korea D.P. (Deserter Pursuit) (Analisis Semiotika Roland Barthes)

AMALIA, Sekar Dwi (2023) Representasi Tindak Pelecehan Seksual pada Laki-Laki dalam Drama Korea D.P. (Deserter Pursuit) (Analisis Semiotika Roland Barthes). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover-Sekar Dwi Amalia-Skripsi-2023.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas- Sekar Dwi Amalia-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (720kB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak-Sekar Dwi Amalia-Skripsi-2023.pdf

Download (73kB)
[img] PDF (BabI)
Bab I-Sekar Dwi Amalia-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 July 2024.

Download (153kB)
[img] PDF (BabII)
Bab ii-Sekar Dwi Amalia-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 July 2024.

Download (267kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab iii-Sekar Dwi Amalia-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 July 2024.

Download (82kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab iv-Sekar Dwi Amalia-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab v-Sekar Dwi Amalia-Skripsi-2023.pdf

Download (119kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka-Sekar Dwi Amalia-Skripsi-2023.pdf

Download (201kB)

Abstract

Kekerasan seksual di Indonesia kini menjadi perhatian di masyarakat. Menurut Vartia & Heol (2018) tindakan pelecehan seksual meliputi beberapa perilaku di antaranya nonverbal, verbal, fisik dan cyber. Tindakan pelecehan seksual dapat terjadi di mana saja dan kepada siapa saja tanpa memandang gender. Hal ini menandakan bahwasanya laki-laki juga dapat menjadi korban tindakan pelecehan seksual. Namun, hanya ada sebagian kecil pengakuan masyarakat atas pelecehan seksual yang terjadi pada laki-laki. Media massa seperti drama Korea yang lahir dari fenomena Korean Wave (Hallyu) dan menjadi bagian dari masyarakat saat ini mencoba memberikan perhatian khusus terhadap realitas tersebut. Seperti Drama Korea D.P. (Deserter Pursuit) yang menampilkan dan mengangkat isu mengenai tindakan pelecehan seksual terhadap laki-laki. Melalui drama tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji, menganalisis dan mengetahui terkait representasi dan pesan tindakan pelecehan seksual yang terjadi pada laki-laki. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan Analisis Semiotika Roland Barthes yang mencakup analisis makna tanda denotasi, konotasi dan mitos. Data penelitian diambil melalui adegan pada tiap episode yang sudah dipilih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa representasi tindakan pelecehan seksual pada laki-laki dalam Drama Korea D.P. (Deserter Pursuit) berbentuk verbal (ucapan, pertanyaan dan pemaksaan seksual) dan fisik (menyentuh tubuh hingga menyakiti organ seksual). Adanya penggunaan eufemisme dan relasi kuasa turut direpresentasikan dalam tindakan pelecehan seksual pada laki-laki pada drama ini. Lalu, pesan yang disampaikan yaitu terkait sisi kelam dalam dunia kemiliteran Korea Selatan berupa adanya tindakan pelecehan seksual yang terjadi pada laki-laki. Hal ini mematahkan anggapan dan mitos di masyarakat jika tindakan pelecehan seksual hanya identik dengan persoalan antara laki-laki dengan perempuan saja. Tindakan tersebut menjadi suatu “budaya” turun-temurun karena tidak terlepas dari sejarah dan kultur dalam kemiliteran Korea Selatan itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F23192
Uncontrolled Keywords: Representasi, Pelecehan Seksual pada Laki-laki, Drama Korea, Semiotika Roland Barthes
Subjects: S > S210 Semiotics
S > S243 Sex crimes
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mrs. AMALIA Sekar Dwi
Date Deposited: 03 Jul 2023 07:13
Last Modified: 03 Jul 2023 07:13
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/21770

Actions (login required)

View Item View Item