RUSDI, Araminta Samara (2023) Perilaku Konsumtif Kalangan Remaja Penggemar Korean Pop (K-Pop) di Bogor. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Araminta Samara Rusdi-F1A019031-Skripsi-2023.pdf Download (116kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Araminta Samara Rusdi-F1A019031-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (774kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Araminta Samara Rusdi-F1A019031-Skripsi-2023.pdf Download (176kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Araminta Samara Rusdi-F1A019031-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 20 July 2024. Download (396kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Araminta Samara Rusdi-F1A019031-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 20 July 2024. Download (223kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Araminta Samara Rusdi-F1A019031-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 20 July 2024. Download (304kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Araminta Samara Rusdi-F1A019031-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (888kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Araminta Samara Rusdi-F1A019031-Skripsi-2023.pdf Download (187kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Araminta Samara Rusdi-F1A019031-Skripsi-2023.pdf Download (306kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Araminta Samara Rusdi-F1A019031-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) |
Abstract
Kehadiran K-Pop menciptakan gaya hidup baru yang konsumtif di kalangan penggemarnya yang didominasi oleh remaja. Rasa cinta yang berlebihan terhadap idola K-Pop membuat para penggemar ingin membeli segala sesuatu yang berhubungan dengan idolanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumtif kalangan remaja penggemar K-Pop di Bogor yang ditinjau dari aspek pembelian impulsif, pemborosan, dan pembelian tidak rasional. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif dengan kuesioner sebagai teknik pengumpulan data. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan total sampel sebanyak 96 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggemar K-Pop di Bogor terindikasi melakukan pembelian tidak rasional pada kategori tinggi (58,3%). Indikasi pembelian tidak rasional didasari oleh motif kesenangan yang didapatkan dari membeli merchandise. Sedangkan pada aspek pembelian impulsif dan pemborosan menunjukkan hasil bahwa penggemar K-Pop di Bogor terindikasi pada kategori sedang dengan persentase masing-masing sebesar 62,5% dan 65,6%. Indikasi pembelian impulsif dan pemborosan dilihat dari ketertarikan mengikuti kegiatan atau membeli merchandise NCT, pengaruh member favorit terhadap keputusan pembelian, kepahaman terhadap tujuan mengikuti kegiatan atau pembelian merchandise, dan tidak mempermasalahkan biaya yang dikeluarkan untuk membeli merchandise.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F23206 |
Uncontrolled Keywords: | Perilaku Konsumtif, K-Pop, Merchandise, Remaja |
Subjects: | F > F42 Fans L > L230 Lifestyles |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi |
Depositing User: | Mrs. RUSDI Araminta Samara |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 03:43 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 03:43 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/21947 |
Actions (login required)
View Item |