SOTYA, Tyas (2023) Pembelajaran Bahasa Isyarat BISINDO Dasar Berbasis Game Edukasi di Sekolah Luar Biasa Negeri Banjarnegara. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Tyas Sotya-H1D018028-Skripsi-2023.pdf Download (291kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Tyas Sotya-H1D018028-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Tyas Sotya-H1D018028-Skripsi-2023.pdf Download (356kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Tyas Sotya-H1D018028-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (474kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Tyas Sotya-H1D018028-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (287kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Tyas Sotya-H1D018028-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Tyas Sotya-H1D018028-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Tyas Sotya-H1D018028-Skripsi-2023.pdf Download (353kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Tyas Sotya-H1D018028-Skripsi-2023.pdf Download (366kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Tyas Sotya-H1D018028-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (706kB) |
Abstract
Pembelajaran BISINDO (Bahasa Isyarat Indonesia) dilakukan dengan praktik langsung di kelas Sekolah Luar Biasa, karena COVID-19 maka pembelajaran BISINDO menerapkan pembelajan daring dengan merekam gerakan BISINDO oleh guru kemudian diunggah pada group chat, tetapi video mengalami penurunan resolusi dan menghambat pembelajaran siswa. Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran game edukasi berbasis Android guna menunjang dalam pembelajaran BISINDO untuk siswa kelas 4 dan 5 Sekolah Luar Biasa Negeri Banjarnegara. Game dibuat menggunakan metode pengembangan Game Development Life Cycle dan metode penelitian menggunakan metode pengujian game terhadap 2 kelompok gabungan kelas 4 dan 5 Sekolah Luar Biasa Negeri Banjarnegara. Hasil dari penelitian menunjukkan nilai rata – rata kuis kelompok 1 yang diberi perlakuan mencoba menu belajar dan bermain sebelum mengerjakan kuis yaitu 67,2 lebih unggul daripada nilai rata – rata kelompok 2 yang hanya mencoba menu kuis yaitu 61,25, hal ini menunjukan bahwa penelitian pengembangan game edukasi Safari bersama Lia dapat menunjang pembelajaran BISINDO dasar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | H23068 |
Uncontrolled Keywords: | Bahasa Isyarat, BISINDO, Game Development Life Cycle, Game Edukasi |
Subjects: | E > E76 Educational games |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Informatika |
Depositing User: | Mrs. SOTYA Tyas |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 04:10 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 04:10 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/21975 |
Actions (login required)
View Item |