AINI, Zahratul (2019) Importance Performance Analysis tentang Kualitas Pelayanan Kesehatan Peserta BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Daerah Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
1. Cover-Zahratul Aini-G1A015004-skripsi-2019.pdf Download (2MB) |
|
PDF (Legalitas)
2. LEGALITAS-Zahratul Aini-G1A015004-skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
3. ABSTRAK-Zahratul Aini-G1A015004-skripsi-2019.pdf Download (512kB) |
|
PDF (BabI)
4. BAB-I-Zahratul Aini-G1A015004-skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only until 25 July 2024. Download (645kB) |
|
PDF (BabII)
5. BAB-II-Zahratul Aini-G1A015004-skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only until 25 July 2024. Download (818kB) |
|
PDF (BabIII)
6. BAB-III-Zahratul Aini-skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only until 25 July 2024. Download (255kB) |
|
PDF (BabIV)
7. BAB-IV-Zahratul Aini-G1A015004-skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (744kB) |
|
PDF (BabV)
8. BAB-V-Zahratul Aini-G1A015004-skripsi-2019.pdf Download (686kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
9. DAFTAR-PUSTAKA-Zahratul Aini-G1A015004-skripsi-2019.pdf Download (905kB) |
|
PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN-Zahratul Aini-G1A015004-skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Latar Belakang: Rumah sakit merupakan salah satu unsur yang harus dapat memenuhi tujuan pembangunan kesehatan dengan salah satu sasaran pokoknya yaitu meningkatnya cakupan pelayanan kesehatan universal melalui BPJS. Ketatnya persaingan dan pelanggan yang kritis mengharuskan RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto untuk terus meningkatkan kualitas pelayanannya demi kepuasan pelanggan. Importance Performance Analysis (IPA) merupakan salah satu metode untuk mengidentifikasi layanan yang perlu ditingkatkan dalam menjaga kepuasan pelanggan dengan skala, biaya dan hasil yang relatif efektif. Tujuan: Untuk mengetahui kepuasan pasien RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto. Metode Penelitian: Penelitian ini adalah penelitian observasi dengan metode survei, dengan pendekatan cross sectional. Sasaran penelitiannya adalah pasien BPJS rawat inap di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto dengan jumlah sampel minimal 100 orang. Hasil dan Pembahasan: Nilai rata-rata kinerja sebesar 2,61 dan nilai rata-rata harapan sebesar 2,96 dengan tingkat kesesuaian 90,06 % yang artinya pasien belum puas terhadap layanan kesehatan peserta BPJS kesehatan di RSUD Prof Dr. Margono Soekarjo Purwokerto. Sedangkan atribut dimensi kualitas pelayanan tentang pelayanan petugas yang memproses masuk ke ruang perawatan, pelayanan petugas apotek rumah sakit dan pelayanan administrasi yang tidak berbelit-belit belit termasuk dalam kuadran A dalam Diagram Kartesius, yang artinya mempunyai prioritas tinggi menurut persepsi pasien untuk meningkatkan kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah Prof Dr Margono Soekarjo Purwokerto. Kesimpulan: Harapan pasien tentang pelayanan rawat inap belum dapat dipenuhi oleh RSUD Prof Dr. Margono Soekarjo Purwokerto.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | G19039 |
Uncontrolled Keywords: | BPJS Kesehatan, Importance Performance Analysis, Kualitas Pelayanan Kesehatan |
Subjects: | H > H56 Health insurance |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Pendidikan Dokter |
Depositing User: | Mr soiman soiman |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 07:25 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 07:25 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/22021 |
Actions (login required)
View Item |