AZIZ, Akhmad Faizal (2019) Perbandingan Rerata Nilai Ujian Identifikasi Anatomi Berdasarkan Kesesuaian antara Gaya Belajar Model Felder-Silverman dengan Kebiasaan Belajar pada Dimensi Visual-Verbal. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
1. COVER-Akhmad Faizal Aziz-G1A015081-skripsi-2019.pdf Download (764kB) |
|
PDF (Legalitas)
2. LEGALITAS-AKHMAD FAIZAL AZIZ-G1A015081-Skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
3. ABSTRAK-Akhmad Faizal Aziz-G1A015081-skripsi-2019.pdf Download (858kB) |
|
PDF (BabI)
4. Bab I-Akhmad Faizal Aziz-G1A015081-skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only until 27 July 2024. Download (938kB) |
|
PDF (BabII)
5. Bab II-Akhmad Faizal Aziz-G1A015081-skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only until 27 July 2024. Download (1MB) |
|
PDF (BabIII)
6. Bab III-Akhmad Faizal Aziz-G1A015081-skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only until 27 July 2024. Download (558kB) |
|
PDF (BabIV)
7. Bab IV-Akhmad Faizal Aziz-G1A015081-skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
8. Bab V-Akhmad Faizal Aziz-G1A015081-skripsi-2019.pdf Download (690kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA-Akhmad Faizal Aziz-G1A015081-skripsi-2019.pdf Download (836kB) |
|
PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN-Akhmad Faizal Aziz-G1A015081-skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Latar Belakang: Anatomi merupakan satu ilmu esensial dalam pendidikan kedokteran. Parameter hasil belajar Anatomi di antaranya berupa nilai ujian identifikasi . Dalam model presage-process-product (3P) dalam proses belajarmengajar, kesesuaian gaya belajar dengan kebiasaan belajar berpengaruh terhadap hasil belajar. Dimensi gaya belajar model Felder-Silverman yang dapat diperbandingkan dengan gaya belajar model VARK adalah dimensi visual-verbal. Tujuan: Untuk mengetahui adanya perbedaan bermakna dalam rerata nilai ujian identifikasi Anatomi berdasarkan kesesuaian antara gaya belajar model FelderSilverman dengan kebiasaan belajar pada mahasiswa Jurusan Kedokteran Fakultas Kedokteran Unsoed Angkatan 2017. Metode: Rancangan cross sectional yang dilakukan pada 34 mahasiswa Jurusan Kedokteran FK Unsoed Angkatan 2017 yang terpilih melalui random sampling. Gaya belajar pada dimensi visual-verbal diidentifikasi dengan kuesioner Index of Learning Styles. Kebiasaan belajar diidentifikasi dengan kuesioner yang dikonstruksi oleh peneliti berdasarkan model gaya belajar VARK, dengan tidak menyertakan modalitas kinestetik. Data nilai ujian identifikasi Anatomi diambil dari database Departemen Anatomi. Uji hipotesis menggunakan independent t test. Hasil: Mayoritas subjek memiliki gaya belajar visual (82,35%), kebiasaan belajar trimodal VAR (26,47%), dan rerata nilai ujian identifikasi Anatomi pada rentang C sampai D (35,25%). Kelompok mahasiswa dengan kesesuaian (23,52%) memiliki rerata nilai 70 ± 10,84, lebih tinggi secara bermakna dibandingkan kelompok mahasiswa tanpa kesesuaian (56,94 ± 8,66) (p=0,01). Kesimpulan: Terdapat perbedaan bermakna dalam rerata nilai ujian identifikasi Anatomi antara kedua kelompok yang diamati.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | G19052 |
Uncontrolled Keywords: | Anatomi, gaya belajar, kebiasaan belajar, kesesuaian, nilai ujian identifikasi, Felder-Silverman |
Subjects: | S > S774 Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Pendidikan Dokter |
Depositing User: | Mr soiman soiman |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 08:31 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 08:31 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/22089 |
Actions (login required)
View Item |