ADI, Faisal Satrio (2023) Sikap terhadap Investasi, Norma subjektif, Media Sosial dan Bandwagon Effect terhadap Minat Berinvestasi Mahasiswa di Pasar Modal. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Faisal Satrio Adi-C1C017120-2023.pdf Download (379kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Faisal Satrio Adi-C1C017120-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Faisal Satrio Adi-C1C017120-2023.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Faisal Satrio Adi-C1C017120-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 29 July 2024. Download (2MB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Faisal Satrio Adi-C1C017120-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 29 July 2024. Download (5MB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Faisal Satrio Adi-C1C017120-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 29 July 2024. Download (3MB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Faisal Satrio Adi-C1C017120-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Faisal Satrio Adi-C1C017120-2023.pdf Download (780kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Faisal Satrio Adi-C1C017120-2023.pdf Download (2MB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Faisal Satrio Adi-C1C017120-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan judul “Sikap terhadap Investasi, Norma subjektif, Media Sosial dan Bandwagon Effect Terhadap Minat Berinvestasi Mahasiswa di Pasar Modal”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah faktor sikap terhadap investasi, norma subjektif, media sosial dan bandwagon effect berpengaruh terhadap minat berinvestasi mahasiswa di pasar modal. Secara umum mahasiswa masih bergantung dengan orang tua dalam memenuhi kebutuhannya. Melalui investasi, mahasiswa dapat menyisihkan uangnya untuk kebutuhannya di masa depan. Selain itu, investasi menjadi sumber pendanaan bagi perusahan untuk pengembangan usahanya, namun minat investasi masyarakat masih tergolong rendah. Banyaknya mahasiswa yang mengabaikan investasi disebabkan karena rendahnya motivasi dan pengetahuan mengenai investasi. Saat ini banyak kemudahan yang diberikan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI). Kampanye Yuk Nabung Saham diselenggarakan dalam rangka peningkatan minat investasi masyarakat terutama bagi mahasiswa karena mahasiswa merupakan generasi potensial untuk menjadi investor melalui Galeri Investasi di masing-masing Universitas. Minat investasi yang baik dapat memberikan pengaruh yang baik untuk diri individu serta bagi perekonomian nasional. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Theory of Planned Behavior yang menjelaskan bagaimana manusia bertindak dan mengasumsikan bahwa secara hakikat manusia berperilaku secara sadar dan selalu mempertimbangkan informasi yang ada, baik implisit atau eksplisit. Menurut Theory of Planned Behavior seseorang berperilaku berdasarkan dorongan-dorongan yang dinilai baik untuk berperilaku. Sikap, norma subjektif dan persepsi kontrol perilaku yang diinterpretasikan melalui teknologi sosial media. Selain itu, Social Impact Theory juga digunakan sebagai dasar dari faktor bandwagon effect, dimana seseorang memiliki kecenderungan untuk mengikuti trend, orang lain atau lingkungannya. Penelitian dilaksanakan pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman. Metode sampling yang digunakan penelitian ini adalah simple random sampling dengan total populasi sebanyak 229 mahasiswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pengisian kuesioner secara online melalui google forms. Responden pada penelitian ini adalah mahasiswa aktif Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman yang telah mengambil mata kuliah Pasar Modal. Jumlah kuesioner yang dapat diolah pada penelitian ini sebanyak 90 forms. Teknik analisis data yang digunakan antara lain uji kualitas data, statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji goodness of fit, dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1) Sikap terhadap investasi berpengaruh meningkatkan minat investasi mahasiswa di pasar modal, 2) Norma subjektif tidak berpengaruh meningkatkan minat investasi mahasiswa di pasar modal, 3) Media Sosial berpengaruh meningkatkan minat investasi mahasiswa di pasar modal, dan 4) Bandwagon Effect berpengaruh meningkatkan minat investasi mahasiswa di pasar modal. Implikasi teoritis dari hasil penelitian ini adalah memberikan informasi mengenai pengembangan ilmu pengetahuan di bidang akuntansi keuangan, literasi keuangan dan manajemen investasi. selain itu penelitian mengenai faktor internal selanjutnya dapat dikembangkan dengan menganalisis faktor penyebab yang dapat memengaruhi dan memiliki keterkaitan hubungan terhadap minat investasi, dan memperluas pengetahuan masyarakat khususnya mahasiswa mengenai faktor sikap, norma subjektif, media sosial dan bandwagon effect. Dengan demikian, pemahaman serta literasi mahasiswa dapat bertambah mengenai pengetahuan ilmu ekonomi di bindang akuntansi, khususnya keuangan dan investasi, serta perilaku yang berkaitan dengan tindakan ekonomi dalam mengelola finansial yang sesuai dengan keadaan ekonomi sekarang ini. Implikasi praktis dari penelitian ini diharapkan dapat membantu mahasiswa, dosen, pihak fakultas dan universitas dalam menyediakan informasi investasi, memberikan kemudahan akses dan komunikasi melalui kerjasama antara pihak fakultas dan perusahaan sekuritas, bursa efek dan pihak-pihak yang berkepentingan pada kegiatan investasi. Faktor internal dalam diri seseorang menjadi penentu seseorang untuk berinvestasi, sehingga mahasiswa diharapkan dapat memahami mengenai investasi secara mendalam, memanfaatkan waktu dengan baik guna meningkatkan pengetahuan investasi serta menghindari perilaku hidup boros dengan cara membiasakan diri memulai investasi dengan modal minimal. Melalui program seminar, workshop pelatihan pasar modal dari pihak Universitas dapat memberikan kesan positif bagi mahasiswa mengenai investasi sehingga dapat menumbuhkan minat mahasiswa untuk memulai berinvestasi saham di pasar modal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C23332 |
Uncontrolled Keywords: | Sikap terhadap investasi, norma subjektif, media sosial, bandwagon effect, minat investasi mahasiswa |
Subjects: | I > I291 Investments |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi |
Depositing User: | Mr Faisal Satrio Adi |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 23:58 |
Last Modified: | 28 Jul 2023 23:58 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/22125 |
Actions (login required)
View Item |