PUTRA, Muhammad Pascal Lisoni (2019) Metode Pengajaran Dalam Film Whiplash (Analisis Semiotik Tentang Metode Pengajaran Otoriter dalam Film Whiplash). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
Cover_1.pdf Download (103kB) | Preview |
|
PDF (Legalitas)
Legalitas dan bagian awal TA_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) |
||
|
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf Download (28kB) | Preview |
|
PDF (BabI)
Bab I_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
||
PDF (BabII)
Bab II_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
||
PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
PDF (BabV)
Bab V_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (40kB) |
||
|
PDF (Daftarpustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf Download (36kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan menjadi salah satu hal yang harus dimiliki oleh masyarakat modern pada saat ini. Pendidikan menjadi salah satu faktor terpenting, karena pendidikan berpengaruh pada segala aspek kehidupan di dalam masyarakat. Selain itu dunia pendidikan saat ini sudah semakin maju, pendidikan modern tidak hanya bersifat dua arah antara guru dan murid. Melainkan pendidikan dapat diperoleh lewat berbagai macam media, salah satunya media hiburan seperti film. Meskipun pendidikan dan dunia hiburan merupakan dua hal yang saling bertolak belakang, namun saat ini aspek hiburan menjadi salah satu kajian baru dalam dunia pendidikan. Whiplash adalah salah satu film bertemakan pendidikan yang menarik dan berbeda dari film pendidikan lainya. Sebuah film yang menceritakan perjuangan seorang murid yang tidak mudah dalam melawan metode pengajaran yang otoriter demi mencapai cita-citanya. Pada film ini juga dikisahkan bahwa guru bukanlah seseorang yang memiliki sifat malaikat, disini justru sang guru berperan sebagai antagonis. Hal tersebut menjadi perhatian peneliti untuk mengetahui metode pengajaran otoriter yang dilakukan oleh sang guru dalam film tersebut dan juga mengetahui interaksi yang terjadi akibat dari metode pengajaran otoriter. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dan menggunakan teknik analisis semiotika dari Charles Sanders Pierce. Dalam menganalisis makna yang terdapat dalam adegan yang dipilih, peneliti menggunakan trikotomi pierce. Selanjutnya setiap adegan yang dipilih dibuat sebuah tabel kategorisasi dan dibagi menjadi 3 bagian ikon,indeks, dan simbol. Dalam film tersebut, peneliti mengambil dua aspek yang menjadi fokus penelitian. Dari dua aspek tersebut diperoleh sembilan adegan yang dianggap mewakili fokus dari penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bagaimana metode pengajaran seorang guru dalam film Whiplash dan interaksi yang terjadi dapat membentuk kepribadian seorang siswanya. Melalui metode pengajaran yang beralasan demi kedisiplinan, menjadi sebuah alasan untuk menutupi sikap otoriter yang dimiliki. Selain itu, didukung oleh sederet peraturan sekolah yang beralasan demi mempertahankan apa yang telah ada, atau mempertahankan suatu tradisi yang telah teruji dan terbukti keunggulannya. Dalam film Whiplash terdapat empat adegan sikap otoriter yang terpilih menggambarkan bagaimana metode pengajaran yang diterapkan oleh Mr. Flecher kepada murid-muridnya. Selain itu pada rumusan masalah ke dua mengenai interaksi yang terjadi akibat metode pengajaran otoriter, terdapat lima adegan. Dari kelima adegan yang terpilih menggambarkan bagaimana reaksi dari metode pengajaran otoriter yang diterima oleh Andrew berdampak ke segala hal dalam kehidupanya. Kata kunci : Pendidikan, Semiotik, Metode Pengajaran Otoriter, Interaksi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F17107 |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan, Semiotik, Metode Pengajaran Otoriter, Interaksi |
Subjects: | F > F305 Foreign study |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Administrasi Negara |
Depositing User: | Mr Rohmadi Rohmadi |
Date Deposited: | 04 Sep 2019 02:31 |
Last Modified: | 19 Nov 2019 02:44 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/2215 |
Actions (login required)
View Item |