Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Indeks Kepuasan Pelajar atas Pelayanan Ketapel 17 di Kabupaten Kebumen

LUTHFIA, Istna Faika (2023) Indeks Kepuasan Pelajar atas Pelayanan Ketapel 17 di Kabupaten Kebumen. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-ISTNA FAIKA LUTHFIA-F1B019072-SKRIPSI-2023.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-ISTNA FAIKA LUTHFIA-F1B019072-SKRIPSI-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (671kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-ISTNA FAIKA LUTHFIA-F1B019072-SKRIPSI-2023.pdf

Download (161kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-ISTNA FAIKA LUTHFIA-F1B019072-SKRIPSI-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-ISTNA FAIKA LUTHFIA-F1B019072-SKRIPSI-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-ISTNA FAIKA LUTHFIA-F1B019072-SKRIPSI-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-ISTNA FAIKA LUTHFIA-F1B019072-SKRIPSI-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (545kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-ISTNA FAIKA LUTHFIA-F1B019072-SKRIPSI-2023.pdf

Download (160kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-ISTNA FAIKA LUTHFIA-F1B019072-SKRIPSI-2023.pdf

Download (241kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-ISTNA FAIKA LUTHFIA-F1B019072-SKRIPSI-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pelayanan Ketapel 17 merupakan pelayanan jemput bola yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kebumen dengan mengunjungi SMA/SMK Sederajat yang ada di Kabupaten Kebumen untuk melakukan pelayanan KTP Elektronik. Sehingga para pelajar yang sudah berusia minimal 17 tahun dapat menerima pelayanan KTP Elektronik di sekolah. Berdasarkan pengamatan awal yang peneliti lakukan terhadap Pelayanan Ketapel 17, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kebumen belum pernah melakukan pengukuran tingkat kepuasan pelajar atas pelayanan Ketapel 17 di Kabupaten Kebumen sebagai evaluasi yang dapat digunakan untuk mengukur keberhasilan pelayanan dan menjadi salah satu dasar perbaikan pelayanan di masa depan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui besaran dari indeks kepuasan pelajar atas pelayanan Ketapel 17 di Kabupaten Kebumen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survei. Sasaran penelitian ini adalah para pelajar SMA/SMK Sederajat di Kabupaten Kebumen yang mendapatkan pelayanan Ketapel 17 tahun 2022 dengan jumlah sampel sebanyak 360 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan Kuesioner, Observasi, Dokumentasi, dan Wawancara. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode multistage random sampling. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kuantitatif terhadap hasil hitung indeks kepuasan pelajar. Dalam penelitian ini menggunakan 10 indikator kepuasan pelajar yaitu persyaratan pelayanan, prosedur pelayanan, waktu penyelesaian, kesopanan dan keramahan petugas, kompetensi pelaksana, keadilan mendapat pelayanan, produk spesifikasi jasa pelayanan, penanganan pengaduan saran dan masukan, sarana dan prasarana serta kemudahan mendapat pelayanan. Berdasarkan hasil analisis data secara deskriptif kuantitatif pada penelitian ini, dapat diketahui bahwa indeks kepuasan pelajar atas pelayanan Ketapel 17 di Kabupaten Kebumen yaitu sebesar 3,11 yang dikonversikan menjadi 77,75. Berdasarkan hal tersebut maka mutu pelayanan Ketapel 17 masuk dalam kategori “B” atau kinerja unit pelayanan baik/puas. Hal tersebut dapat diartikan bahwa para pelajar penerima pelayanan Ketapel 17 di Kabupaten Kebumen tahun 2022 merasa puas atas pelayanan yang telah diberikan. Berdasarkan nilai indeks kepuasan per unsur pelayanan, indikator yang memiliki nilai indeks kepuasan pelajar tertinggi adalah persyaratan pelayanan dengan nilai 3,25 yang dikonversi menjadi 81,32 mutu pelayanan dengan bobot “A” dan tingkat kinerja dalam kategori sangat baik/ sangat puas sedangkan indikator yang mempunyai nilai paling kecil yaitu penanganan pengaduan, saran dan masukan dengan NRR sebesar 2,78 yang yang yang dikonversi menjadi 69,38 mutu pelayanan dengan bobot “B” dan tingkat kinerja dalam kategori baik/puas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F23248
Uncontrolled Keywords: Indeks Kepuasan Pelajar
Subjects: J > J56 Job satisfaction
S > S769 Students
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: Mrs. LUTHFIA Istna Faika
Date Deposited: 07 Aug 2023 01:03
Last Modified: 07 Aug 2023 01:03
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/22292

Actions (login required)

View Item View Item