Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Faktor yang Mempengaruhi Minat Penerapan Fintech & E-Commerce bagi UMKM

RAUF, Bahy Raihan (2023) Analisis Faktor yang Mempengaruhi Minat Penerapan Fintech & E-Commerce bagi UMKM. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Bahy Raihan Rauf-C1C019021-Skripsi-2023.pdf

Download (365kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Bahy Raihan Rauf-C1C019021-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Bahy Raihan Rauf-C1C019021-Skripsi-2023.pdf

Download (926kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Bahy Raihan Rauf-C1C019021-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 August 2024.

Download (2MB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Bahy Raihan Rauf-C1C019021-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 August 2024.

Download (2MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Bahy Raihan Rauf-C1C019021-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 August 2024.

Download (2MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Bahy Raihan Rauf-C1C019021-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Bahy Raihan Rauf-C1C019021-Skripsi-2023.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA- Bahy Raihan Rauf-C1C019021-Skripsi-2023.pdf

Download (933kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Bahy Raihan Rauf-C1C019021-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Faktor yang Mempengaruhi Minat Penerapan Fintech & E-Commerce bagi pelaku UMKM.” Teknologi semakin mengalami peningkatan dan memberikan banyak manfaat bagi penggunanya, khususnya para pelaku usaha yang masih kesulitan mengembangkan usahanya. Teknologi keuangan hadir sebagai solusi bagi para pelaku usaha untuk memajukan usahanya. Aplikasi fintech & e-commerce di dunia telah banyak digunakan oleh pelaku UMKM. Aplikasi fintech & e-commerce yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah Gofood, Grabfood, Gopay, OVO, Shopeepay, Shopeefood, Dana, dan m-banking. Beberapa survei menyebutkan peningkatan penggunaan aplikasi fintech & e-commerce meningkat secara signifikan dari tahun ke tahun. UMKM di Indonesia merupakan salah satu jumlah UMKM dengan pengguna instalasi aplikasi fintech terbesar nomor 3 di Asia Pasifik. Pengguna terbesar dimiliki para pelaku UMKM di wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah. Salah satu wilayah di Jawa Tengah yang memiliki tingkat pelaku UMKM tertinggi adalah wilayah Kabupaten Kebumen. Namun, tingginya tingkat pelaku UMKM tidak diimbangi dengan tingginya tingkat penggunaan fintech & e-commerce, padahal adanya fintech & e-commerce seperti Grab & Gojek dapat membantu pelaku usaha untuk meningkatkan bisnisnya. Terbukti bahwa Kabupaten Kebumen termasuk ke dalam Kabupaten termiskin di Jawa Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh risk, self-efficacy, subjective norm, perceived ease of use, perceived usefulness terhadap intention to use fintech & e-commerce bagi pelaku UMKM di Kabupaten Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan lokasi penelitian berada di Kabupaten Kebumen. Populasi pada penelitian ini adalah pelaku UMKM yang menggunakan aplikasi Gojek dan Grab. Sampel penelitian ini sebanyak 70 usaha. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan kuesioner yang dibagikan secara langsung kepada pelaku UMKM. Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik yaitu uji heteroskedastisitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji F, uji t, koefisien determinasi. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) risk tidak memiliki pengaruh negatif terhadap intention to use bagi pelaku UMKM di Kabupaten Kebumen; (2) self-efficacy memiliki pengaruh positif terhadap intention to use bagi pelaku UMKM di Kabupaten Kebumen; (3) subjective norm tidak memiliki pengaruh positif terhadap intention to use bagi pelaku UMKM di Kabupaten Kebumen; (4) perceived ease of use tidak memiliki pengaruh yang positif terhadap intention to use bagi pelaku UMKM di Kabupaten Kebumen; (5) perceived usefulness memiliki pengaruh yang positif terhadap intention to use bagi pelaku UMKM di Kabupaten Kebumen. Hasil penelitian menunjukkan tingkat keyakinan diri dan persepsi kebermanfaatan memiliki pengaruh positif terhadap minat pelaku UMKM menggunakan aplikasi fintech & e-commerce. Kesimpulan pada penelitian ini adalah: (1) semakin tinggi atau rendah tingkat risiko yang ada dalam penggunaan aplikasi Gopay & OVO serta Gofood & Grabfood oleh pelaku UMKM tidak mempengaruhi minat penerapan aplikasi fintech & e-commerce bagi pelaku UMKM di Kabupaten Kebumen; (2) semakin tinggi self-efficacy atau keyakinan diri pelaku UMKM untuk menggunakan aplikasi fintech & e-commerce maka semakin tinggi minat penerapan aplikasi fintech & e-commerce bagi pelaku UMKM; (3) semakin tinggi atau rendah subjective norm atau pengaruh dari orang lain untuk menggunakan fintech & e-commerce bagi pelaku UMKM tidak berpengaruh terhadap minat penerapan fintech & e-commerce bagi pelaku UMKM; (4) semakin tinggi atau rendah tingkat kemudahan yang dirasakan dari penggunaan fintech & e-commerce tidak berpengaruh terhadap minat penerapan aplikasi tersebut bagi pelaku UMKM; (5) semakin tinggi tingkat manfaat yang didapatkan dari penggunaan aplikasi fintech & e-commerce maka semakin tinggi minat penerapan aplikasi tersebut bagi pelaku UMKM. Hasil penelitian ini secara teoritis dapat memberikan pemahaman dan pengetahuan bagi pelaku UMKM lebih banyak mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi minat penerapan fintech & e-commerce bagi pelaku UMKM seperti risk, self-efficacy, subjective norm, perceived ease of use, dan perceived usefulness. Manfaat bagi pelaku UMKM menggunakan aplikasi fintech & e-commerce dapat memberikan manfaat untuk mengembangkan usahanya dengan memperhatikan risiko, kemampuan diri, pengaruh dari orang lain, persepsi kemudahan dan persepsi kegunaan aplikasi keuangan. Bagi Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Kebumen dapat memberikan ide bantuan dengan menyelenggarakan pelatihan atau seminar kepada pelaku UMKM tentang pentingnya penggunaan teknologi keuangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C23345
Uncontrolled Keywords: Risk, Self-efficacy, Subjective norm, Perceived ease of use, Perceived usefulness, Intention to use
Subjects: E > E167 Electronic commerce
F > F146 Finance
T > T67 Technology
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi
Depositing User: Mr. RAUF Bahy Raihan
Date Deposited: 11 Aug 2023 07:07
Last Modified: 11 Aug 2023 07:07
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/22489

Actions (login required)

View Item View Item