ARIYANTO, Huqqy Pratanda Shiva Putra (2023) Aksesibilitas Pelayanan Publik bagi Penyandang Disabilitas pada Mal Pelayanan Publik Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
Cover.pdf Download (148kB) |
|
PDF (Legalitas)
Legalitas.pdf Restricted to Repository staff only Download (440kB) |
|
PDF (Abstrak)
Abstak.pdf Download (158kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I.pdf Restricted to Repository staff only until 18 August 2024. Download (237kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only until 18 August 2024. Download (633kB) |
|
PDF (BABIII)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only until 18 August 2024. Download (213kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (564kB) |
|
PDF (BabV)
BAB V.pdf Download (167kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (250kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Setiap warga negara Republik Indonesia berhak mendapatkan segala hak karena kedudukan sebagai Warga Negara Indonesia, adapun hak ini wajib diberikan tanpa memandang kondisi fisik individunya karena pada hakikatnya hak asasi bersifat universal yang artinya hak-hak ini diberikan ke semua orang tanpa memandang keterbatasan jenis kelamin, warna kulit, usia, kultural, dan juga agama. Tanpa terkecuali bagi para penyandang disabilitas yang juga merupakan salah satu elemen di dalam masyarakat. Kenyataan fasilitas bagi penyandang disabilitas pada instansi pemerintah masih kurang menurut survei yang dilakukan oleh Ombudsman pada tahun 2019 dalam mendapatkan pelayanan publik masih belum merata pada tiap instansi pemerintahan. Selain itu penyediaan fasilitas bagi penyandang disabilitas juga belum tepat sasaran dan sesuai dengan peraturan yang ada hanya formalitas saja dalam penyediaannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Pemilihan informan menggunakan Teknik purposive sampling dan snowball. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan pada aspek bagaimana ketersediaan fasilitas bagi penyandang disabilitas pada gedung Mal Pelayanan Publik Kabupaten Banyumas. Pada aspek kenyamanan bagaimana penyandang disabilitas dapat dengan mudah megakses serta menerima pelayanan publik pada Mal Pelayanan Publik Kabupaten Banyumas dibandingkan dengan dinas – dinas di Kabupaten Banyumas lainnya. Kesimpulan pada penelitian ini adalah Aksesibilitas Penyandang Disabilitas pada Mal Pelayanan Kabupaten Banyumas sudah terlaksana dengan cukup baik dan masih ada ruang untuk pengembangan lebih lanjut. Dengan adanya fasilitas bagi penyandang disabilitas serta kenyamanan pada gedung Mal Pelayanan Publik Kabupaten Banyumas.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F23305 |
Uncontrolled Keywords: | Aksesibilitas, Penyandang Disabilitas, Pelayanan Publik |
Subjects: | D > D197 Disabilities P > P623 Public P > P624 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik |
Depositing User: | Mr. ARIYANTO Huqqy Pratanda Shiva Putra |
Date Deposited: | 18 Aug 2023 08:31 |
Last Modified: | 18 Aug 2023 08:31 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/22700 |
Actions (login required)
View Item |