Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berdonasi Masyarakat melalui Fintech

NURUL, Hanny Ramadhanti (2023) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berdonasi Masyarakat melalui Fintech. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Hanny Ramadhanti Nurul-C1C019082-Skripsi-2023.pdf

Download (231kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Hanny Ramadhanti Nurul-C1C019082- Skripsi-2023..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Hanny Ramadhanti Nurul-C1C019082- Skripsi-2023.pdf

Download (274kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Hanny Ramadhanti Nurul-C1C019082-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 August 2024.

Download (252kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Hanny Ramadhanti Nurul-C1C019082-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 August 2024.

Download (373kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Hanny Ramadhanti Nurul-C1C019082-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 August 2024.

Download (401kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Hanny Ramadhanti Nurul-C1C019082-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (762kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Hanny Ramadhanti Nurul-C1C019082-Skripsi-2023.pdf

Download (229kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Hanny Ramadhanti Nurul-C1C019082-Skripsi-2023.pdf

Download (255kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Hanny Ramadhanti Nurul-C1C019082-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (905kB)

Abstract

Judul dari penelitian ini adalah “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berdonasi Masyarakat melalui Fintech”. Maka dari itu penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh: (1) Proyek amal terhadap minat berdonasi masyarakat melalui fintech, (2) Organisasi amal terhadap minat berdonasi masyarakat melalui fintech, (3) Fitur fintech terhadap minat berdonasi masyarakat melalui fintech, (4) Sikap umum terhadap minat berdonasi masyarakat melalui fintech, (5) Religiusitas terhadap minat berdonasi masyarakat melalui fintech. Penelitian ini menggunakan Theory of Planned Behavior (TPB) yang dikembangkan oleh (Ajzen dan Fishbein, 1980). Theory of Planned Behavior mengasumsikan manusia dapat mengolah informasi-informasi yang diterimanya sebagai konsiderasi untuk melakukan suatu tindakan atau memutuskan untuk tidak melakukannya. Theory of Planned Behavior menjelaskan tiga faktor yang mempengaruhi intensi individu untuk berperilaku yaitu sikap terhadap perilaku, norma subjektif, dan persepsi kontrol perilaku. Metode pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh proyek amal, organisasi amal, fitur fintech, sikap umum, dan religiusitas terhadap minat berdonasi masyarakat melalui fintech. Penelitian ini menggunakan data primer dengan cara perolehan data menggunakan kuesioner. Populasi pada penelitian ini yaitu masyarakat yang memiliki minat atau pernah berdonasi online melalui fintech. Teknik pengambilan sample menggunakan metode convenience sampling. Penyebaran kuesioner melalui berbagai macam media sosial seperti whatsapp, telegram, dan twitter sehingga memperoleh 105 sampel. Pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS statistic 26. Hasil penelitian menyatakan bahwa: (1) proyek amal berpengaruh positif terhadap minat berdonasi masyarakat melalui fintech; (2) organisasi amal berpengaruh negatif terhadap minat berdonasi masyarakat melalui fintech; (3) fitur fintech berpengaruh positif terhadap minat berdonasi masyarakat melalui fintech; (4) sikap umum berpengaruh positif terhadap minat berdonasi masyarakat melalui fintech; (5) religiusitas tidak berpengaruh positif terhadap minat berdonasi masyarakat melalui fintech. Implikasi teoritis pada penelitian ini yaitu mampu memperkuat penelitian sebelumnya yang berkaitan dengan faktor-faktor yang mempengaruhi minat berdonasi masyarakat melalui fintech dan agar dapat dijadikan referensi bagi penelitian selanjutnya. Implikasi praktis pada penelitian ini adalah bagi perusahaan dibidang fintech dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar meningkatkan fitur fintech. Bagi organisasi amal perlu memperhatikan informasi kegiatan proyek amal dan pengelolaan dana. Selanjutnya bagi para donatur untuk meningkatkan literasi terhadap teknologi saat ini agar meningkatkan minat berdonasi melalui fintech.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C23385
Uncontrolled Keywords: Minat berdonasi, donasi online, fintech, proyek amal, organisasi amal, fitur fintech, sikap umum, religiusitas.
Subjects: D > D174 Digital electronics
P > P206 Philanthropy
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi
Depositing User: Mrs. NURUL Hanny Ramadhanti
Date Deposited: 21 Aug 2023 07:06
Last Modified: 21 Aug 2023 07:06
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/22813

Actions (login required)

View Item View Item