Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

The Effect of Digital Comics as Learning Media on Students' Vocabulary Mastery (Quasi-Experimental Research on the Eighth Grade Class E and F Students at SMP Negeri 2 Patikraja in the Academic Year of 2022/2023)

FARISSI, Fatchurachman Al (2023) The Effect of Digital Comics as Learning Media on Students' Vocabulary Mastery (Quasi-Experimental Research on the Eighth Grade Class E and F Students at SMP Negeri 2 Patikraja in the Academic Year of 2022/2023). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Fatchurachman Al Farissi-J1E019007-Skripsi-2023.pdf

Download (198kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Fatchurachman Al Farissi-J1E019007-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Fatchurachman Al Farissi-J1E019007-Skripsi-2023.pdf

Download (169kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Fatchurachman Al Farissi-J1E019007-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 August 2024.

Download (214kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Fatchurachman Al Farissi-J1E019007-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 August 2024.

Download (212kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Fatchurachman Al Farissi-J1E019007-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 August 2024.

Download (313kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Fatchurachman Al Farissi-J1E019007-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (711kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Fatchurachman Al Farissi-J1E019007-Skripsi-2023.pdf

Download (211kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Fatchurachman Al Farissi-J1E019007-Skripsi-2023.pdf

Download (250kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Fatchurachman Al Farissi-J1E019007-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perhatian umum dari penelitian ini adalah penerapan media pembelajaran untuk penguasaan kosa kata. Sementara itu, perhatian utama dari penelitian ini adalah komik digital yang digunakan sebagai media pembelajaran digunakan untuk penguasaan kosa kata siswa. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui implementasi komik digital yang digunakan sebagai media pembelajaran penguasaan kosa kata siswa; (2) untuk mengetahui pengaruh signifikan media pembelajaran komik digital terhadap penguasaan kosakata siswa dan (3) untuk mengetahui persepsi siswa terhadap komik digital sebagai media pembelajaran terhadap penguasaan kosakata siswa. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, kuisioner, dan observasi check-list. Peneliti memperoleh data numerik dari tes: pre-test, post-test, dan kuesioner, dan data deskriptif dari observasi. Data dianalisis menggunakan Independent t-test. Jenis penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Partisipan yang terlibat dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Patikraja. Sampel diambil dari dua kelas yaitu VIII E sebagai kelompok eksperimen dan VIII F sebagai kelompok kontrol. Sampel dipilih dengan menggunakan kriteria purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penerapan komik digital yang digunakan sebagai media pembelajaran penguasaan kosa kata siswa berhasil dilaksanakan. Hal ini didukung dengan langkah-langkah kegiatan belajar siswa seperti membaca komik digital, memahami cerita, menemukan kosa kata, menerjemahkan kata, dan mempresentasikan karya mereka.Berdasarkan hasil tes, terdapat pengaruh yang signifikan komik digital yang digunakan sebagai media pembelajaran terhadap penguasaan kosa kata siswa. Hal itu didukung oleh hasil perhitungan statistik; terlihat bahwa nilai rata-rata posttest di kelas eksperimen adalah 79.78 dan nilai rata-rata post-test di kelas kontrol adalah 69,85 kemudian jumlah nilai signifikansinya adalah 0.000 (0.000 < 0.05). Hal ini berarti hipotesis penelitian (H0) ditolak dan (Ha) diterima. Penggunaan komik digital juga menunjukkan efek positif pada penguasaan kosa kata siswa. Hasil ini didukung dengan data angket yang dijawab oleh siswa dalam kelompok eksperimen. Kuesioner mengungkapkan bahwa 96.2% siswa setuju bahwa media ini bermanfaat untuk penguasaan kosa kata mereka. Dapat disimpulkan bahwa komik digital berpengaruh signifikan dan positif terhadap penguasaan kosa kata siswa. Peneliti menyarankan agar guru dan siswa bahasa Inggris harus memilih komik yang sesuai dengan pembelajaran. Peneliti lain juga dapat menggunakan penelitian ini sebagai pedoman untuk melakukan penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: J23179
Uncontrolled Keywords: Komik digital, media pembelajaran, penguasaan kosakata
Subjects: E > E312 English language Study and teaching
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr. FARISSI Fatchurachman Al
Date Deposited: 21 Aug 2023 03:22
Last Modified: 21 Aug 2023 03:22
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/22830

Actions (login required)

View Item View Item