ARSYNINGTYAS, Haya (2023) Marketplace dan Perubahan di Era Digital (Studi Perilaku Pengguna Aplikasi Marketplace pada Masyarakat Desa Pasindangan Kabupaten Cirebon). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Haya Arsyningtyas-F1A018072-Skripsi-2023.pdf Download (370kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Haya Arsyningtyas-F1A018072-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Haya Arsyningtyas-F1A018072-Skripsi-2023.pdf Download (366kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Haya Arsyningtyas-F1A018072-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 22 August 2024. Download (480kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Haya Arsyningtyas-F1A018072-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 22 August 2024. Download (537kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Haya Arsyningtyas-F1A018072-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 22 August 2024. Download (418kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Haya Arsyningtyas-F1A018072-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Haya Arsyningtyas-F1A018072-Skripsi-2023.pdf Download (395kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Haya Arsyningtyas-F1A018072-Skripsi-2023.pdf Download (420kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Haya Arsyningtyas-F1A018072-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (369kB) |
Abstract
Keberadaan platform digital kini semakin berkembang di tengah masyarakat, salah satunya adalah aplikasi marketplace yang identik dengan platform layanan jual-beli online. Di Indonesia, terdapat berbagai perusahaan pengembang marketplace dalam negeri maupun asing yang berlomba mendapatkan sebanyak-banyaknya pengguna aktif sebagai asetnya. Hal ini menunjukkan bahwasanya inovasi teknologi yang digunakan secara massal tidak terlepas dari kontestasi kapitalis di era digital. Eksistensi marketplace sebagai produk teknologi tentu sedikit banyak membentuk perilaku pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk memahami eksistensi marketplace ditinjau dari perilaku penggunaan platform marketplace dalam kehidupan sehari-hari, serta menganalisis perubahan yang terbentuk dari rangkaian fitur marketplace. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini didasarkan pada pengalaman pengguna aplikasi marketplace di Desa Pasindangan Kabupaten Cirebon yang dipilih secara purposive. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara mendalam dan observasi perilaku serta jejak digital pada akun marketplace pengguna. Data dianalisis menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian menemukan bahwa lingkungan pergaulan, media sosial, dan iklan berperan dalam penyebaran tren penggunaan marketplace sehingga eksistensi platform tersebut menjadi populer di tengah masyarakat. Dalam kehidupan sehari-hari, marketplace digunakan sebagai platform berbelanja dan berjualan online, serta mengisi waktu luang. Kemudahan dan keuntungan yang dirasakan pengguna membuat penggunaan marketplace menjadi berkelanjutan, bahkan tersosialisasi dalam lingkup keluarga. Eksistensi marketplace tidak hanya membawa perubahan di era digital seperti cara interaksi jual – beli online, melainkan juga mendorong penggunaan e-wallet dalam bertransaksi, dan perilaku unik pengguna yang terbuka pada platform. Di samping itu, marketplace juga menjadi alat yang dapat mendorong perilaku konsumtif hingga pengendalian atas pengguna yang terjadi secara halus melalui citra kemajuan teknologi, sistem, dan fitur-fitur yang ditawarkannya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F23363 |
Uncontrolled Keywords: | Marketplace, perilaku pengguna, perubahan, era digital |
Subjects: | D > D174 Digital electronics I > I260 Internet marketing S > S428 Social change |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi |
Depositing User: | Mrs. ARSYNINGTYAS Haya |
Date Deposited: | 22 Aug 2023 08:10 |
Last Modified: | 22 Aug 2023 08:10 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/22990 |
Actions (login required)
View Item |