Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Responsivitas Pelayanan BPJS Di Rumah Sakit TNI AD Tingkat II Dr. Soedjono Kota Magelang

PRATAMA, Yudha Pangestu (2023) Responsivitas Pelayanan BPJS Di Rumah Sakit TNI AD Tingkat II Dr. Soedjono Kota Magelang. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Yudha Pangestu Pratama-F1B018052-Skripsi-2018.pdf

Download (464kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Yudha Pangestu Pratama-F1B018052-Skripsi-2018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (680kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Yudha Pangestu Pratama-F1B018052-Skripsi-2018.pdf

Download (357kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Yudha Pangestu Pratama-F1B018052-Skripsi-2018.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 August 2024.

Download (524kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Yudha Pangestu Pratama-F1B018052-Skripsi-2018.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 August 2024.

Download (418kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Yudha Pangestu Pratama-F1B018052-Skripsi-2018.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 August 2024.

Download (541kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Yudha Pangestu Pratama-F1B018052-Skripsi-2018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (972kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Yudha Pangestu Pratama-F1B018052-Skripsi-2018.pdf

Download (252kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Yudha Pangestu Pratama-F1B018052-Skripsi-2018.pdf

Download (481kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Yudha Pangestu Pratama-F1B018052-Skripsi-2018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Rumah Sakit TNI AD Tingkat II Dr. Soedjono Kota Magelang merupakan Rumah Sakit yang berada dibawah kendali Kesehatan Komando Daerah Militer IV/Diponegoro serta memiliki tugas pokok sebagai pelaksana pembinaan dan pelayanan kesehatan kepada Prajurit TNI, PNS – TNI serta keluarganya yang ada di wilayah Kodam IV/Diponegoro yang dilakukan dalam rangka untuk mendukung tugas pokok satuan serta bertugas untuk melayani masyarakat umum yang hendak berobat. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesenjangan dalam hubungan antara peningkatan jumlah peserta BPJS setiap tahunnya di Indonesia dengan turunnya pasien pengguna BPJS di Rumah Sakit TNI AD Tingkat II dr. Soedjono Kota Magelang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengamati bagaimana Responsivitas Pelayanan BPJS Rumah Sakit TNI AD Tingkat II Dr. Soedjono Kota Magelang yang baik dalam peningkatan pelayanan publik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Pada penelitian ini, teknik sampling yang digunakan yaitu Accidental Sampling. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 74.079 orang dari pasien Rawat Jalan. Berdasarkan perhitungan rumus slovin dengan taraf kesalahan 10% jumlah sampel yang didapatkan yaitu 100 Responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Pengujian validitas instrumen pada penelitian ini menggunakan Product Moment dari Karl Pearson dengan rtabel lebih dari 0,197 dinyatakan valid. Adapun dasar pengambilan keputusan dalam uji reliabilitas dalam penelitian ini adalah nilai koefisien cronbach’s alpha lebih besar dari nilai rtabel yaitu 0,197 dinyatakan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rumah Sakit TNI AD Tingkat II Dr. Soedjono Kota Magelang responsif dalam pelayanannya. Presentase kemampuan merespon pasien sangat tinggi, yaitu 72%. Kecepatan melayani serta sangat tinggi, mencapai 62%. Namun, masih ada beberapa area yang perlu ditingkatkan untuk memastikan kepuasan dan kenyamanan penuh bagi pasien atau penerima pelayanan, seperti ketepatan melayani (46%) termasuk dalam kategori Tinggi, kecermatan melayani (52%) termasuk dalam kategori Tinggi, ketepatan waktu melayani (51%) termasuk dalam kategori Tinggi, dan kemampuan menanggapi keluhan (56%) termasuk dalam kategori Tinggi. Meski begitu, keseluruhan kinerja rumah sakit dalam pelayanan dinilai baik. Penting untuk terus meningkatkan responsivitas pelayanan demi kepuasan dan kenyamanan pasien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F23373
Uncontrolled Keywords: Responsivitas, Pelayanan Publik, Rumah Sakit
Subjects: H > H250 Hospitals
H > H331 Human services
Q > Q2 Quality control
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: Mr. PRATAMA Yudha Pangestu
Date Deposited: 25 Aug 2023 01:14
Last Modified: 25 Aug 2023 01:14
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/23046

Actions (login required)

View Item View Item