FEBRIANI, Nisa Amalia (2023) Kualitas Pelayanan Pasien Rawat Jalan Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Cilacap. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (COVER)
Cover-Nisa Amalia.pdf Download (58kB) |
|
PDF (LEGALITAS)
Legalitas_Nisa Amalia F_F1B018058.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (ABSTRAK)
Abstrak-Nisa Amalia F_F1B018058.pdf Download (67kB) |
|
PDF (BabI)
BAB 1-Nisa Amalia F_F1B018058.pdf Restricted to Repository staff only until 24 August 2024. Download (546kB) |
|
PDF (BabII)
BAB 2-Nisa Amalia F_F1B018058.pdf Restricted to Repository staff only until 24 August 2024. Download (909kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB 3-Nisa Amalia F_F1B018058.pdf Restricted to Repository staff only until 24 August 2024. Download (344kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB 4-Nisa Amalia F_F1B018058.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
BAB 5-Nisa Amalia F_F1B018058.pdf Download (70kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka-Nisa Amalia F_F1B018058.pdf Download (346kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-Nisa Amalia F_F1B018058.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pelayanan publik yang diberikan aparatur pemerintah harus berorientasi pada kepentingan publik yang secara substantif sudah selayaknya memperhatikan kualitas pelayanan yang diberikan. Dalam penelitian ini terdapat masalah mengenai belum optimalnya kualitas layanan rawat jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Cilacap yaitu lamanya waktu tunggu layanan yang melebihi waktu yang ditetapkan standar operasional prosedur baik di pendaftaran rawat jalan maupun poliklinik. Merujuk pada masalah tersebut, maka penelitian ini akan mengkaji Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Peserta Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial di RSUD Cilacap Untuk mengkaji kualitas pelayanan penelitian ini akan merujuk pada teori yang dikemukakan oleh Zeithaml, Berry dan Parasuraman yang mengidentifikasi lima dimensi pokok yang berkaitan dengan kualitas pelayanan, yaitu bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan analisis deskriptif. Pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sehingga dipilih delapan informan yaitu Petugas PIC BPJS Kesehatan, Petugas Pendaftaran Rawat Jalan, Dokter, Pasien Rawat Jalan Peserta BPJS Kesehatan dari empat poli di RSUD Cilacap, serta Sekertaris Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dari Miles, Huberman, dan Saldana yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini dimensi Bukti Fisik pelayanan belum sepenuhnya nyaman yang mana pasien harus menunggu lama karena pendaftaran online belum efektif dan errornya website BPJS serta fasilitas alat bantu disetiap poli belum lengkap. Dimensi Kehandalan, pasien menunggu antrian lebih dari standar operasional karena kendala gangguan sinyal atau errornya website BPJS. Dimensi Jaminan, jaminan tepat waktu yang diberikan rumah sakit kepada pasien masih belum berjalan tepat waktu. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Kualitas Pelayanan Pasien Rawat Jalan Peserta BPJS Kesehatan di RSUD Cilacap belum sepenuhnya optimal, masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki khususnya terkait lamanya waktu layanan. Implikasi pada penelitian ini yaitu dibutuhkan keseriusan dari pihak RSUD Cilacap untuk memperbaiki pelayanan rawat jalan khususnya waktu tunggu dan kelengkapan alat bantu layanan rawat jalan agar benar-benar mampu mencapai kepuasan pasien.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F23375 |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan Publik, Pelayanan Publik, RSUD Cilacap |
Subjects: | C > C647 Community health services |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik |
Depositing User: | Mrs. FEBRIANI Nisa Amalia |
Date Deposited: | 24 Aug 2023 04:39 |
Last Modified: | 24 Aug 2023 04:39 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/23070 |
Actions (login required)
View Item |