RAMADHANA, Roslaeni Kholif Aulia Wafda (2023) Kualitas Pelayanan Perijinan Usaha Melalui Digitalisasi Sistem OSS (Online Single Submission) Dalam Peningkatan Kepuasan Para Pelaku Usaha Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kulon Progo Tahun 2021. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (COVER)
COVER-Roslaeni Kholif Aulia Wafda Ramadhana-F2A020022-TESIS-2023.pdf.pdf Download (3MB) |
|
PDF (LEGALITAS)
LEGALITAS-Roslaeni Kholif Aulia Wafda Ramadhana-F2A020022-Tesis-2023.pdf.pdf Download (3MB) |
|
PDF (ABSTRAK)
ABSTRAK-Roslaeni Kholif Aulia Wafda Ramadhana-F2A020022-Tesis-2023.pdf.pdf Download (3MB) |
|
PDF (BABI)
BAB I-Roslaeni Kholif Aulia Wafda Ramadhana-F2A020022-Tesis-2023.pdf.pdf Restricted to Repository staff only until 24 August 2024. Download (3MB) |
|
PDF (BABII)
BAB II-Roslaeni Kholif Aulia Wafda Ramadhana-F2A020022-tesis-2023.pdf.pdf Restricted to Repository staff only until 24 August 2024. Download (3MB) |
|
PDF (BABIII)
BAB III-Roslaeni Kholif Aulia Wafda Ramadhana-F2A020022-Tesis-2023.pdf.pdf Restricted to Repository staff only until 24 August 2024. Download (3MB) |
|
PDF (BABIV)
BAB IV-Roslaeni Kholif Aulia Wafda Ramadhana-F2A020022-Tesis-2023.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (BABV)
BAB V-Roslaeni Kholif Aulia Wafda Ramadhana-F2A020022-Tesis-2023.pdf.pdf Download (3MB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Roslaeni Kholif Aulia Wafda Ramadhana-F2A020022-Tesis-2023.pdf.pdf Download (3MB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Roslaeni Kholif Aulia Wafda Ramadhana-F2A020022-Tesis-2023.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul Kualitas Pelayanan Perijinan Usaha Melalui Digitalisasi Sistem OSS (Online Single Submission) Dalam Peningkatan Kepuasan Para Pelaku Usaha Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya laporan pengaduan masyarakat di bidang pelayanan perizinan, dimana rata-rata pengaduan menunjukkan penyebab permasalahannya yaitu pada proses permohonan izin yang diajukan cukup rumit dan memakan waktu (berbelit-belit). Sehingga masyarakat yang ingin mengajukan permohonan izin usahanya menjadi enggan. Dengan adanya hal tersebut, maka pemerintah mewujudkan pelayanan perizinan yang dapat memudahkan para pelaku usaha untuk mengajukan izin usahanya yaitu yang berdasarkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Resiko atau yang biasanya dikenal dengan sistem website Online Single Submission (OSS). Pelayanan sistem OSS ini diterapkan salah satunya di Kabupaten Kulon Progo sejak tahun 2018. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dari kualitas pelayanan perijinan usaha melalui digitalisasi sistem OSS (Online Single Submission) dalam peningkatan kepuasan para pelaku usaha di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sasaran pada penelitian ini yaitu para pelaku usaha yang menggunakan sistem OSS. Dengan variabel bebas (X) yaitu Kualitas Pelayanan dan variabel terikat (Y) yaitu Kepuasan para pelaku usaha. Jumlah sampel pada penelitian yaitu menggunakan rumus Issac dan Michael dengan total populasi 1.618 yang melakukan izin usaha, maka sampel yang diperlukan yaitu 310 responden. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan Non-Probability Sampling Incidential Sampling. Dan analisis data yang dilakukan menggunakan Uji Regresi Linier Berganda dengan Uji Hipotesis Uji F dan Uji t. Hasil penelitian ini yaitu menunjukkan bahwa dari 310 responden, pada variabel Kualitas Pelayanan (X) berada pada kategori yang sangat baik dan variabel Kepuasan Para Pelaku Usaha (Y) berada pada kategori puas terhadap pelayanan perizinan sistem Online Single Submission (OSS) Pengujian pertama pada penelitian yaitu dengan menggunakan uji normalitas sebesar 0,0503 yaitu artinya data berdistribusi normal. Hasil analisis uji regresi linier sederhana menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya “Adanya pengaruh Kualitas Pelayanan (X) terhadap Kepuasan Para Pelaku Usaha (Y)”. Pada Uji f dan uji t menunjukkan bahwa variabel X memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Y.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Nomor Inventaris: | P223218 |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Kepuasan, Sistem OSS |
Subjects: | C > C652 Community services |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Administrasi Publik |
Depositing User: | Mr Roslaeni Kholif Aulia Wafda Ramadhana |
Date Deposited: | 24 Aug 2023 08:35 |
Last Modified: | 24 Aug 2023 08:35 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/23173 |
Actions (login required)
View Item |