ANANTA, Hamada Radifa (2023) Pemaknaan Khalayak Terhadap Inklusivitas Pada Produk Pantene (Analisis Resepsi Stuart Hall Pada Iklan Pantene Bye #RambutCape, Hallo #Rambutkecharge). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Hamada Radifa Ananta-F1C019047-SKRIPSI-2023.pdf.pdf Download (195kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Hamada Radifa Ananta-F1C019047-SKRIPSI-2023.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (678kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Hamada Radifa Ananta-F1C019047-SKRIPSI-2023.pdf.pdf Download (207kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Hamada Radifa Ananta-F1C019047-SKRIPSI-2023.pdf.pdf Restricted to Repository staff only until 25 August 2024. Download (222kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Hamada Radifa Ananta-F1C019047-SKRIPSI-2023.pdf.pdf Restricted to Repository staff only until 25 August 2024. Download (293kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Hamada Radifa Ananta-F1C019047-SKRIPSI-2023.pdf.pdf Restricted to Repository staff only until 25 August 2024. Download (222kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Hamada Radifa Ananta-F1C019047-SKRIPSI-2023.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (625kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Hamada Radifa Ananta-F1C019047-SKRIPSI-2023.pdf.pdf Download (210kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Hamada Radifa Ananta-F1C019047-SKRIPSI-2023.pdf.pdf Download (215kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Hamada Radifa Ananta-F1C019047-SKRIPSI-2023.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Berbagai iklan dibuat oleh Pantene Indonesia untuk memasarkan produknya. Seluruh iklan Pantene di Indonesia menggunakan perempuan sebagai bintang iklannya. Namun berbeda dengan iklan Pantene “Miracles Hair Supplement Baru! - Bye #RambutCapek, Hallo #RambutKecharged” yang merupakan iklan Pantene pertama dengan bintang iklan laki-laki. Kehadiran Keanu Agl sebagai bintang iklan laki-laki pertama pada iklan Pantene ini menimbulkan berbagai respons khalayak. Menurut pihak P&G, kehadiran Keanu menunjukan bahwa Pantene merupakan produk yang inklusif. Khalayak yang telah menonton iklan Pantene versi Keanu memiliki pemaknaan serta penerimaan yang tentunya berbeda-beda terhadap inklusivitas pada produk Pantene. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tujuan untuk mengetahui pemaknaan serta penerimaan khalayak mengenai inklusivitas pada produk Pantene dengan menggunakan pendekatan analisis resepsi Stuart Hall. Pengumpulan data dilakukan dengan Focus Group Discussion (FGD) serta wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan dari lima belas informan tidak satupun berada pada posisi dominant hegemonic, dua informan berada pada posisi negotiated reading dan tiga belas informan berada pada posisi oppositional reading. Informan tidak menerima pesan Pantene sebagai produk yang inklusif bahkan menilai iklan tersebut dapat merusak atau membuyarkan brand image Pantene yang sudah ada. Beberapa hal yang menjadi latar belakang resepsi informan antara lain pengalaman, sosiokultural, dan stereotip gender pada Pantene. Hasil tersebut menunjukan khalayak sebagai sesuatu yang aktif dalam menerima dan memaknai pesan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F23309 |
Uncontrolled Keywords: | Analisis Resepsi, Inklusivitas, Iklan Pantene, Keanu |
Subjects: | A > A74 Advertising T > T115 Television Receivers and reception |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Mr. ANANTA Hamada Radifa |
Date Deposited: | 25 Aug 2023 07:01 |
Last Modified: | 25 Aug 2023 09:25 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/23268 |
Actions (login required)
View Item |