Promosi Radio Streaming Pemuda FM Jakarta Barat dalam Menjaring Pendengar

FITRIA, Fitria (2017) Promosi Radio Streaming Pemuda FM Jakarta Barat dalam Menjaring Pendengar. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (18kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas dan bagian awal TA_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (747kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (277kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (570kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img]
Preview
PDF (Daftarpustaka)
Daftar pustaka_1.pdf

Download (300kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (894kB)

Abstract

Perkembangan radio streaming yang tergolong sangat ketat sehingga membutuhkan promosi dalam menjaring pendengar agar pendengar bersedia mendengarkan radio tersebut. Hal ini dikarenakan posisi pendengar sangat penting dalam sebuah radio, salah satunya yakni radio Pemuda FM Jakarta Barat yang merupakan radio streaming yang berusia empat tahun sehingga memerlukan promosi yang jitu dalam menjaring pendengar. Penelitian ini membahas tentang promosi radio streaming Pemuda FM dalam menjaring pendengar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui serta menjelaskan promosi yang dilakukan radio streaming Pemuda FM dalam menjaring pendengar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah orang yang mengetahui promosi yang dilakukan radio Pemuda FM. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis menurut Miles dan Huberman yang di dalamnya terdiri dari tiga macam yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Uji validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa radio streaming Pemuda FM Jakarta Barat dalam menjaring pendengar melalui kegiatan promosi berupa promosi offline, promosi online, dan promosi on air. Promosi offline adalah promosi yang dilakukan di luar studio antara lain, program bersuara, kegiatan ulang tahun, dan menghadiri acara komunitas dan media partner. Promosi online adalah promosi radio Pemuda FM yang dilakukan melalui internet antara lain website radio Pemuda FM dan jejaringan sosial radio Pemuda FM. Promosi on air adalah promosi yang dilakukan di media sendiri (radio Pemuda FM ) antara lain promosi program dan ikutan siaran. Dari hasil analisis AIDA (attention, interest, desire, Action), promosi radio PemudaFM yakni tahap Attention, radio Pemuda FM melakukan promosi melalui jejaringan sosial dan menghadiri acara komunitas dan media partner; tahap Interest, radio Pemuda FM memberikan konten-konten yang bermanfaat bagi anak muda serta kampanye yang dibawakan radio Pemuda FM; Tahap Desire, radio Pemuda FM mengundang bintang tamu pilihan dari pendengarnya; tahap Action, radio Pemuda FM membuat program bersuara dan ikutan siaran bagi pendengarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F17162
Uncontrolled Keywords: Promosi, Radio Streaming, AIDA
Subjects: M > M80 Marketing
R > R32 Radio broadcasting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mrs Endang Kasworini
Date Deposited: 10 Jul 2020 02:04
Last Modified: 10 Jul 2020 02:04
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/2336

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year