Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Strategi Guru Meningkatkan Kualitas Siswa yang Beragam (Studi tentang Dampak Penerapan PPDB Sistem Zonasi pada Guru di SMP Negeri 3 Purbalingga)

PUSPONUGROHO, Diar Rizki (2023) Strategi Guru Meningkatkan Kualitas Siswa yang Beragam (Studi tentang Dampak Penerapan PPDB Sistem Zonasi pada Guru di SMP Negeri 3 Purbalingga). Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Diar Rizki Pusponugroho-F2B019002-TESIS-2023.pdf

Download (329kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Diar Rizki Pusponugroho-F2B019002-TESIS-2023-1-9.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Diar Rizki Pusponugroho-F2B019002-TESIS-2023-10-11.pdf

Download (464kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I- Diar Rizki Pusponugroho-F2B019002-TESIS-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 August 2024.

Download (481kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II- Diar Rizki Pusponugroho-F2B019002-TESIS-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 August 2024.

Download (501kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III- Diar Rizki Pusponugroho-F2B019002-TESIS-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 August 2024.

Download (499kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV- Diar Rizki Pusponugroho-F2B019002-TESIS-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (847kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V- Diar Rizki Pusponugroho-F2B019002-TESIS-2023.pdf

Download (461kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA- Diar Rizki Pusponugroho-F2B019002-TESIS-2023.pdf

Download (565kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN- Diar Rizki Pusponugroho-F2B019002-TESIS-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (634kB)

Abstract

Program Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) berdasarkan sistem zonasi merubah seleksi siswa yang tidak lagi menggunakan sistem perolehan nilai UN mengakibatkan terjadinya input siswa yang heterogen dalam hal ini calon siswa yang diterima pada suatu sekolah memiliki beragam kemampuan akademik hingga latar belakang keluarga dan sosialnya. Guru pada sekolah favorit yang telah berada pada zona nyamannya dalam menghadapi siswa hasil seleksi dengan input nilai tinggi pada PPDB sebelum adanya zonasi bekerja lebih ekstra dengan heterogenitas siswa tersebut. Tujuan Penelitian ini adalah (1) Menganalisis bentuk-bentuk strategi yang dilakukan guru dalam meningkatkan kualitas siswa yang beragam. (2) Menganalisis kendala yang dihadapi guru dalam melaksanakan strategi meningkatkan kualitas siswa yang beragam. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian adalah SMP Negeri 3 Purbalingga, dengan informan penelitian guru di sekolah tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber. Bourdieu dalam teori strukturalis konstruktivis menyebutkan bahwa terdapat hubungan dialektis antara habitus dan arena Habitus sendiri berada pada pikiran aktor, sedangkan arena berada di luar pikiran aktor yang mengkonstruksi pikiran aktor. Habitus terbentuk oleh arena, dan arena membentuk habitus. Hal tersebut yang terjadi pada adanya strategi guru dalam meningkatkan kualitas siswa di SMP Negeri 3 Purbalingga. Keadaan struktur di arena SMP Negeri 3 Purbalingga membuat aktor yaitu guru, menciptakan strategi untuk menciptakan adanya habitus yang sesuai dengan keadaan di arena. Hasil penelitian menunjukkan terdapat strategi guru dalam meningkatkan kualitas siswa yang beragam yaitu: 1. Strategi institusional: Distribusi siswa, Pembiasaan siswa, Peningkatan kualitas guru; 2, Strategi individual: Tutor sebaya, Ayo berbicara, Find and Solve, Ojo galak tapi tegas, Jueh (jangan bosan), Konseling. Kendala yang dihadapi yaitu: 1. Kurangnya kerja sama orang tua siswa dengan guru dan sekolah; 2. Siswa yang sudah bekerja. Berdasarkan hasil yang ditemukan dalam penelitian ini, maka beberapa saran yang dapat dikemukakan adalah 1. Meningkatkan variasi penggunaan model dan metode pembelajaran yang dapat merangsang keaktifan siswa dalam pembelajaran. 2. Pemenuhan kebutuhan belajar siswa yang semakin heterogen perlu lebih mendapat perhatian dari guru mengingat input siswa yang sekarang sudah berbeda dengan input yang dahulu. 3. Meningkatkan hubungan sekolah dengan pihak luar dan orang tua guna keberlangsungan belajar siswa di sekolah maupun di rumah. 4. Melakukan pembekalan kepada wali/orang tua siswa agar lebih memperhatikan perkembangan belajar putra putrinya.

Item Type: Thesis (Masters)
Nomor Inventaris: P223233
Uncontrolled Keywords: Sistem zonasi, Strategi, Siswa
Subjects: E > E69 Education
G > G193 Government policy
S > S106 Schools Administration
Divisions: Program Pascasarjana & Profesi > S2 Sosiologi
Depositing User: Mr. Diar Rizki Pusponugroho
Date Deposited: 28 Aug 2023 07:45
Last Modified: 28 Aug 2023 07:45
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/23442

Actions (login required)

View Item View Item