Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Kios Buah di Wilayah Purwokerto

PUTRI, Dhia Septia (2023) Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Kios Buah di Wilayah Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Dhia Septia Putri-A1G020009-Skripsi-2023.pdf

Download (145kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Dhia Septia Putri-A1G020009-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (854kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Dhia Septia Putri-A1G020009-Skripsi-2023.pdf

Download (214kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I- Dhia Septia Putri-A1G020009-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II- Dhia Septia Putri-A1G020009-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Dhia Septia Putri-A1G020009-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Dhia Septia Putri-A1G020009-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (667kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Dhia Septia Putri-A1G020009-Skripsi-2023.pdf

Download (137kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Dhia Septia Putri-A1G020009-Skripsi-2023.pdf

Download (249kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Dhia Septia Putri-A1G020009-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Meningkatnya permintaan buah selama pandemi Covid-19, membuat warga Purwokerto melihat peluang untuk mendirikan usaha kios buah. Banyaknya kios buah di wilayah Purwokerto menjadikan banyaknya persaingan diantara masing-masing kios buah untuk mencapai kepuasan konsumen yang diharapkan. Peningkatan jumlah kios buah belum tentu mengindikasikan bahwa pelayanan, harga, kualitas buah, varian produk yang disediakan, lokasi kios, tata ruang kios, dan lain sebagainya yang diberikan oleh kios buah tersebut sudah sesuai dengan harapan para pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengidentifikasi karakteristik konsumen yang membeli buah pada kios buah di wilayah Purwokerto, 2) menganalisis tingkat kepuasaan konsumen, 3) menganalisis kesenjangan (gap) antara kinerja dengan kepentingan atribut bauran pemasaran, dan 4) menentukan perbaikan atribut. Penelitian dilaksanakan pada kios buah yang ada di Purwokerto yang membuka usahanya dipinggiran jalan, yaitu Kios Buah Rizqi, Kios Buah ZM, dan Kios Buah Keen. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan Januari sampai dengan Bulan Februari. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik non probability sampling berupa accidental sampling. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini menggunakan rumus Lemeshow dengan pertimbangan karena jumlah populasi tidak diketahui atau tidak terhingga yaitu diambil sebanyak 100 responden. Metode analisis yang digunakan untuk mengukur kepuasan konsumen (tingkat kepentingan dan tingkat kinerja) dan bauran pemasaran 7P menggunakan analisis Customer Satisfaction Index (CSI), Importance and Perfomance Analysis (IPA), GAP Analysis Method, dan Potential Gain in Customer Value (PGCV). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan konsumen yang membeli buah-buahan di kios buah wilayah Purwokerto yaitu mayoritas masyarakat berjenis kelamin perempuan, berusia 26-45 tahun, memiliki pendidikan akhir Sarjana (S1), memiliki pekerjaan pegawai swasta, berstatus sudah menikah, dan memiliki pendapatan per bulan Rp4.000.000 – Rp6.000.000. Hasil perhitungan Customer Satisfaction Index (CSI), menunjukkan bahwa nilai kepuasan konsumen kios buah di wilayah Purwokerto secara menyeluruh yaitu sebesar 0,88 atau 88 persen yang berarti indeks kepuasan konsumen tersebut berada pada kriteria sangat puas. Atribut dari kios buah di wilayah Purwokerto yang diprioritaskan untuk diperbaiki karena sangat mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen yaitu fasilitas pesan antar untuk pemesanan secara online (atribut nomor 22), pemesanan buah secara online (atribut nomor 21), dan promosi penjualan secara online (atribut nomor 13 dan 15).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A23075
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Konsumen, Kepuasan Pelanggam, Customer Satisfaction Index, Importance-Perfomance Analysis, GAP Analysis, Potential Gain in Customer Value
Subjects: J > J56 Job satisfaction
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: Mrs. Dhia Septia Putri
Date Deposited: 03 Oct 2023 06:44
Last Modified: 03 Oct 2023 06:44
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/23809

Actions (login required)

View Item View Item