PRATIWI, Putri Tanaza Aji (2023) Penerapan Fuzzy Inference System Tsukamoto untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Aplikasi Pegadaian Digital Service. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Putri Tanaza Aji Pratiwi-K1B019062-Skripsi-2023.pdf Download (205kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Putri Tanaza Aji Pratiwi-K1B019062-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Putri Tanaza Aji Pratiwi-K1B019062-Skripsi-2023.pdf Download (199kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Putri Tanaza Aji Pratiwi-K1B019062-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 6 October 2024. Download (270kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Putri Tanaza Aji Pratiwi-K1B019062-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 6 October 2024. Download (654kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Putri Tanaza Aji Pratiwi-K1B019062-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 6 October 2024. Download (347kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Putri Tanaza Aji Pratiwi-K1B019062-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (877kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Putri Tanaza Aji Pratiwi-K1B019062-Skripsi-2023.pdf Download (195kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Putri Tanaza Aji Pratiwi-K1B019062-Skripsi-2023.pdf Download (272kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Putri Tanaza Aji Pratiwi-K1B019062-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (699kB) |
Abstract
Pegadaian berhasil melakukan transformasi digital dengan menghadirkan sebuah aplikasi bernama Pegadaian Digital Service (PDS). Aplikasi PDS telah membantu banyak penggunanya, namun terdapat pengguna lain yang belum merasa terbantu karena adanya kendala saat menggunakan aplikasi. Kendala tersebut dapat diminimalisir dengan melakukan suatu evaluasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan aplikasi PDS. Evaluasi kualitas pelayanan terhadap aplikasi PDS memiliki hasil yang berbeda-beda dari setiap pengguna. Hasil evaluasi ini termasuk bagian dari masalah ketidakpastian. Oleh karena itu, diperlukan suatu metode untuk menyelesaikan masalah ketidakpastian tersebut. Metode Tsukamoto merupakan salah satu metode fuzzy inference system (FIS) pada logika fuzzy untuk menyelesaikan masalah ketidakpastian. Tahapan pada metode ini terdiri dari fuzzifikasi, inferensi, dan defuzzifikasi dengan menghitung rata-rata terbobot. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan FIS metode Tsukamoto untuk meningkatkan kualitas pelayanan aplikasi PDS berdasarkan evaluasi para pengguna menggunakan empat variabel input, yaitu efficiency, fulfillment, system availability, dan privacy. Data penelitian menggunakan 110 responden yang diperoleh dari survei kuesioner. Penelitian ini menghasilkan sebanyak 72% responden menilai aplikasi PDS memiliki kualitas tinggi, sedangkan 28% responden menilai aplikasi PDS memiliki kualitas rendah. Aplikasi PDS dinilai memiliki kualitas yang rendah karena tidak puas terhadap variabel fulfillment. Fulfillment atau ketersediaan jasa yang disediakan aplikasi PDS perlu dilakukan perbaikan untuk meningkatkan kualitas pelayanan aplikasi PDS.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | K23181 |
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi pegadaian, fuzzy inference system metode Tsukamoto, kualitas pelayanan |
Subjects: | M > M131 Mathematical models |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > S1 Matematika |
Depositing User: | Mrs Putri Tanaza Aji Pratiwi |
Date Deposited: | 06 Oct 2023 00:50 |
Last Modified: | 06 Oct 2023 00:50 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/23831 |
Actions (login required)
View Item |