Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

The Implementation of Community Language Learning (CLL) Method in Teaching English Vocabulary (Descriptive Qualitative Research on the Seventh Grade of SMP Negeri 1 Purwokerto in the Academic Year of 2022/2023)

NIDA, Annora Octavia (2023) The Implementation of Community Language Learning (CLL) Method in Teaching English Vocabulary (Descriptive Qualitative Research on the Seventh Grade of SMP Negeri 1 Purwokerto in the Academic Year of 2022/2023). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Annora Octavia Nida-J1E019005-Skripsi-2023.pdf.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Annora Octavia Nida-J1E019005-Skripsi-2023.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (715kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Annora Octavia Nida-J1E019005-Skripsi-2023.pdf.pdf

Download (143kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Annora Octavia Nida-J1E019005-Skripsi-2023.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Annora Octavia Nida-J1E019005-Skripsi-2023.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Annora Octavia Nida-J1E019005-Skripsi-2023.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Annora Octavia Nida-J1E019005-Skripsi-2023.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Annora Octavia Nida-J1E019005-Skripsi-2023.pdf.pdf

Download (160kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Annora Octavia Nida-J1E019005-Skripsi-2023.pdf.pdf

Download (180kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Annora Octavia Nida-J1E019005-Skripsi-2023.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (694kB)

Abstract

Penelitian ini berkaitan dengan metode CLL. CLL adalah metode pengajaran bahasa yang mengutamakan kenyamanan siswa dalam belajar dengan membentuk kelompok belajar di dalam kelas dan peran guru adalah menjadi konselor yang membantu siswa dalam mengatasi masalah dalam mempelajari bahasa sasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan penerapan metode CLL dalam mengajar kosakata bahasa Inggris di kelas tujuh, (2) mengetahui alasan mengapa guru menerapkan metode CLL untuk mengajar kosakata bahasa Inggris di kelas tujuh, dan (3) mengidentifikasi persepsi siswa kelas tujuh terhadap metode CLL yang diterapkan oleh guru bahasa Inggris. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Populasinya adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Purwokerto. Sampel penelitian ini adalah kelas VII F sebagai perwakilan kelas tujuh. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan angket. Data dianalisis menggunakan analisis isi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa guru membentuk kelompok belajar siswa dan meminta mereka melakukan perekaman video. Siswa terlihat senang dan aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti menyimpulkan, (1) dalam menerapkan metode CLL, siswa dan guru melakukan beberapa kegiatan seperti kerja kelompok, penerjemahan, percakapan bebas, dan merekam (2) alasan guru menerapkan metode CLL karena metode ini dapat membuat siswa merasa tertarik, antusias, nyaman, dan menambah kosakata (3) metode CLL dapat menjadikan siswa aktif, interaktif, mengurangi kecemasan, dan meningkatkan rasa percaya diri. Peneliti menyarankan guru bahasa Inggris menerapkan metode CLL dalam pengajaran kosakata bahasa Inggris dengan menciptakan variasi dalam kegiatan pembelajaran, siswa juga disarankan untuk menerapkan kosakata bahasa Inggris yang telah mereka pelajari dalam kehidupan sehari-hari, dan peneliti lain disarankan untuk mendeskripsikan pengajaran kosakata dengan metode pengajaran bahasa lainnya menggunakan analisis isi untuk menganalisis data.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: J23254
Uncontrolled Keywords: CLL, teaching, learning, vocabulary
Subjects: U > U40 Universal language Verbal learning Vocabulary
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mrs. Annora Octavia Nida
Date Deposited: 15 Nov 2023 04:47
Last Modified: 15 Nov 2023 04:47
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/24174

Actions (login required)

View Item View Item