Kesenjangan kepuasan dalam penggunaan program “dua hijab” di trans7 dan akun instagram @hijabootdindo di kalangan mahasiswi di Purwokerto

FADILA, Laela Nur (2017) Kesenjangan kepuasan dalam penggunaan program “dua hijab” di trans7 dan akun instagram @hijabootdindo di kalangan mahasiswi di Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (120kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas dan bagian awal TA_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (222kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (573kB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img]
Preview
PDF (Daftarpustaka)
daftar Pustaka_1.pdf

Download (327kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (524kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi berupa media elektronik dan media online yang keduanya dapat dimanfaatkan pada konteks moderen. Fenomena yang sama dinamisnya dengan perkembangan teknologi komunikasi adalah gaya berpakaian hijab yang cenderung meningkat pemakaiannya di kalangan remaja perempuan. Pelaksanaan penelitian ini mendasarkan pada Teori Uses and Gratifications dengan ekspansinya pada dimensi gratifications opportunities untuk mengukur kesenjangan kepuasan dalam penggunaan media, serta kemungkinan perolehan kepuasan akhir yang melampaui kepuasan awal dikarenakan atribut-atribut tertentu. Menggunakan metode kuantitatif, data terkumpul dari sampel penelitian sebanyak 65 orang yang merupakan mahasiswi di Purwokerto pemirsa program “Dua Hijab” di Trans7 dan pengakses akun Instagram @hijabootdindo. Analisis data yang digunakan adalah t-test untuk menguji hipotesis mengenai hasil kesenjangan kepuasan, serta Principal-axis Factor Analysis untuk menguji hipotesis mengenai ketersediaan dimensi gratifications opportunities. Hasil menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat kesenjangan kepuasan dalam penggunaan baik program “Dua Hijab” di Trans7 maupun akun Instagram @hijabootdindo, yaitu kesenjangan kepuasan dalam artian tidak tercapainya kepuasan dalam pemenuhan kebutuhan. Di sisi lain, kedua media, pada dasarnya, memiliki dimensi gratifications opportunities dalam kemampuan keduanya memberikan pemenuhan kebutuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F17198
Uncontrolled Keywords: Kesenjangan kepuasan, gratifications opportunities, televisi, Instagram, hijab
Subjects: M > M116 Mass media
T > T113 Television programs
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mrs Endang Kasworini
Date Deposited: 17 Jul 2020 08:30
Last Modified: 17 Jul 2020 08:30
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/2438

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year