EFENDI, Tarsum (2023) Penataan Pegawai pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Purbalingga. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Tarsum Efendi-F2A020003-TESIS-2023.pdf Download (105kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Tarsum Efendi-F2A020003-TESIS-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (462kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Tarsum Efendi-F2A020003-TESIS-2023.pdf Download (966kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Tarsum Efendi-F2A020003-TESIS-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 24 November 2024. Download (309kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Tarsum Efendi-F2A020003-TESIS-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 24 November 2024. Download (271kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Tarsum Efendi-F2A020003-TESIS-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 24 November 2024. Download (151kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Tarsum Efendi-F2A020003-TESIS-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Tarsum Efendi-F2A020003-TESIS-2023.pdf Download (103kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Tarsum Efendi-F2A020003-TESIS-2023.pdf Download (137kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIAN-Tarsum Efendi-F2A020003-TESIS-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) |
Abstract
Penataan dan penempatan pegawai secara tepat berdasarkan kompetensi (the right man in the right place) akan membawa dampak positif bagi kinerja organisasi. Tetapi dalam implementasinya problem utama penataan dan penempatan pegawai adalah ketidaksesuaian kualifikasi dan kompetensi antara pegawai dengan jabatan, distribusi pegawai yang tidak merata, dan penempatan dan pengangkatan belum berbasis kompetensi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penataan pegawai di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Pemerintah Kabupaten Purbalingga dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung serta menghambat penataan pegawai menuju the right man on the right place. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Hasil penelitian ini adalah penerapan sistem merit tidak sesuai antara kualifikasi pendidikan dengan jabatan yang dimiliki, penempatan pegawai tidak sesuai dengan kompetensi dan lebih didasarkan pada kemauan dan kemampuan dari pegawai untuk melaksanakan tugas, tidak sesuai antara jabatan yang diduduki dengan pengalaman atau rekam jejak sebelumnya. Perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sistem, pendidikan dan latihan yang efektif ditemukan belum adanya keakuratan diklat bagi pegawai, belum menunjukkan keadilan diklat bagi semua pegawai, meskipun pegawai yang diikutkan diklat merasakan manfaat yang diperoleh. Standarisasi dan peningkatan kinerja ditemukan pegawai belum mampu menunjukkan sepenuhnya kualitas kerja, ketepatan waktu pegawai dalam melaksanakan tugas tergantung pada keuntungan yang didapat, inisiatif serta kemampuan dan komunikasi yang ditunjukkan oleh pegawai, belum sepenuhnya muncul dari kesadaran pribadi. Sedangkan penerapan pola karir yang jelas dan terencana ditemukan belum menunjukkan kejelasan dan kepastian karir pegawai, penempatan pegawai belum sesuai dengan kompetensinya, belum menunjukkan adanya transparansi dalam pola karir pegawai.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Nomor Inventaris: | P223308 |
Uncontrolled Keywords: | Employee Arrangement, Employees Placement, Penataan Pegawai |
Subjects: | E > E224 Employment G > G185 Government |
Divisions: | Program Pascasarjana & Profesi > S2 Administrasi Publik |
Depositing User: | Mr Tarsum Efendi |
Date Deposited: | 24 Nov 2023 02:13 |
Last Modified: | 24 Nov 2023 02:13 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/24471 |
Actions (login required)
View Item |