NURHIKMAH, Adjeng Titi (2023) Responsivitas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tegal dalam Penyelenggaraan Pelayanan E-KTP. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Adjeng Titi Nurhikmah-F1B019119-Skripsi-2023.pdf Download (53kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Adjeng Titi Nurhikmah-F1B019119-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (340kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Adjeng Titi Nurhikmah-F1B019119-Skripsi-2023.pdf Download (75kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Adjeng Titi Nurhikmah-F1B019119-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 27 November 2024. Download (270kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Adjeng Titi Nurhikmah-F1B019119-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 27 November 2024. Download (379kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Adjeng Titi Nurhikmah-F1B019119-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 27 November 2024. Download (140kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Adjeng Titi Nurhikmah-F1B019119-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Adjeng Titi Nurhikmah-F1B019119-Skripsi-2023.pdf Download (96kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Adjeng Titi Nurhikmah-F1B019119-Skripsi-2023.pdf Download (126kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Adjeng Titi Nurhikmah-F1B019119-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (844kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai keluhan masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayanan e-KTP dan rendahnya jumlah masyarakat ber-KTP. Permasalahan pelayanan e-KTP relatif sama dalam beberapa tahun terakhir, sehingga responsivitas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tegal terhadap permasalahan dan kebutuhan pelayanan yang dihadapi masyarakat seringkali dipertanyakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui responsivitas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tegal dalam penyelenggaraan pelayanan e-KTP. Penelitian ini menggunakan teori responsivitas yang dikemukakan oleh Gormley, Hoadley, dan Williams terdiri dari responsivitas potensial, responsivitas aktual, dan responsivitas sumber daya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, penelitian ini menggunakan model interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa responsivitas potensial sudah cukup baik. Sementara responsivitas aktual dan responsivitas sumber daya belum cukup baik. Pelaksanaan program atau kegiatan dihadapkan dengan beberapa keterbatasan seperti terbatasnya kuantitas dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), anggaran yang tersedia tidak mampu membiayai program atau kegiatan secara keseluruhan, kapasitas sarana prasarana yang terbatas atau tidak memadai, terbatasnya blangko e-KTP dan masalah lain yang menyebabkan pelayanan ditunda dalam beberapa saat. Sementara pada aspek responsivitas sumber daya belum cukup baik karena belum mencukupi kebutuhan pelayanan sehingga menyebabkan pelaksanaan program atau kegiatan menjadi lambat dan kurang optimal. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu responsivitas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tegal dalam penyelenggaraan pelayanan e-KTP belum baik atau masih rendah karena upaya atau tindakan untuk menyelesaikan permasalahan belum berhasil secara keseluruhan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F23533 |
Uncontrolled Keywords: | responsivitas, administrasi kependudukan, pelayanan e-KTP |
Subjects: | P > P624 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik |
Depositing User: | Mrs Adjeng Titi Nurhikmah |
Date Deposited: | 27 Nov 2023 01:36 |
Last Modified: | 27 Nov 2023 01:36 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/24514 |
Actions (login required)
View Item |