Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Indeks Kepuasan Pelayanan Keluarga Berencana (KB) di Puskesmas Sokaraja 1 Pada Akseptor KB Suntik Desa Karangnanas

NURMAHARANI, Syafira Zahra (2023) Indeks Kepuasan Pelayanan Keluarga Berencana (KB) di Puskesmas Sokaraja 1 Pada Akseptor KB Suntik Desa Karangnanas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Syafira Zahra Nurmaharani_I1A018012-SKripsi-FIKES-2023.pdf

Download (119kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Syafira Zahra N-I1A018012-Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (838kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Syafira Zahra Nurmaharani-I1A018012-Skripsi-FIKES-2023.pdf

Download (98kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Syafira Zahra Nurmaharani-I1A018012_Skripsi-FIKES-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 November 2024.

Download (183kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Syafira Zahra Nurmaharanai-I1A018012-Skripsi-FIKES-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 November 2024.

Download (179kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Syafira Zahra Nurmaharani-Skripsi-FIKES-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 November 2024.

Download (219kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Syafira Zahra Nurmaharani-I1A018012-Skripsi-FIKES-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Syafira Zahra Nurmaharani-I1A018012-Skripsi-FIKES-2023.pdf

Download (151kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Syafira Zahra Nurmaharani-I1A018012-Skripsi-FIKES-2023.pdf

Download (163kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Syafira Zahra Nurmaharani-I1A018012-Skripsi-FIKES-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (708kB)

Abstract

Pelayanan KB di Puskesmas merupakan pelayanan publik yang perlu diukur karena kepuasan pelayanan akan mempengaruhi cakupan pemanfaatan pelayanan. Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) merupakan tolak ukur untuk menilai tingkat kualitas pelayanan, meningkatkan dan mewujudkan pelayanan sesuai harapan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indeks kepuasan pelayanan KB di Puskesmas Sokaraja 1 pada akseptor KB suntik Desa Karangnanas. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Instrumen penelitian yaitu kuesioner dan dokumentasi. Populasi penelitian yaitu seluruh akseptor KB suntik di wilayah kerja Puskesmas Sokaraja 1 sebanyak 2.382 akseptor dan sampel yang digunakan sebanyak 327 dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel berupa 9 unsur kepuasan berdasarkan PermenPAN-RB RI Nomor 14 Tahun 2017. Analisis data yang digunakan yaitu analisis univariat dan pengolahan data indeks kepuasan. Hasil perhitungan indeks kepuasan yaitu 3,45 dengan konversi 86,25, kategori Baik/Puas, indikator dengan nilai tertinggi yaitu unsur penanganan pengaduan, saran dan masukan 3,94 dengan konversi 98,50 kategori Sangat Baik/Sangat Puas, sedangan nilai terendah yaitu unsur biaya/tarif 3,14 dengan konversi 78,25 kategori Baik/Puas. Indeks kepuasan pelayanan KB mendapatkan nilai 3,45 dengan kategori Baik/Puas. Perlu adanya upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada nilai terendah yaitu unsur biaya/tarif dengan sosialisai KIS/BPJS dan peninjauan kembali sedangkan unsur yang memiliki nilai tertinggi harus tetap mempertahan nilai tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: I23254
Uncontrolled Keywords: Indeks Kepuasan, Pelayanan, KB Suntik
Subjects: B > B183 Birth control
P > P144 Performance standards
P > P630 Public health
Divisions: Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Mrs Syafira Zahra Nurmaharani
Date Deposited: 29 Nov 2023 01:15
Last Modified: 29 Nov 2023 01:15
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/24633

Actions (login required)

View Item View Item