PRATAMA, Praja Risky (2023) Perancangan User Interface Menggunakan Metode User Centered Design (UCD) Untuk Pengembangan Game Edukasi Ilmu Pengetahuan Alam Pengenalan Flora dan Fauna Bagi Anak SD Kelas 4. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER_PrajaRiskyPratama_H1D018018_Skripsi_2023.pdf Download (493kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS_PrajaRiskyPratama_H1D018018_Skripsi_2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (ABSTRAK)
ABSTRAK_PrajaRiskyPratama_H1D018018_Skripsi_2023.pdf Download (568kB) |
|
PDF (BABI)
BAB-I_PrajaRiskyPratama_H1D018018_Skripsi_2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (584kB) |
|
PDF (BABII)
BAB-II_PrajaRiskyPratama_H1D018018_Skripsi_2023.pdf Download (646kB) |
|
PDF (BABIII)
BAB-III_PrajaRiskyPratama_H1D018018_Skripsi_2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (619kB) |
|
PDF (BABIV)
BAB-IV_PrajaRiskyPratama_H1D018018_Skripsi_2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (BABV)
BAB-V_PrajaRiskyPratama_H1D018018_Skripsi_2023.pdf Download (578kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTARPUSTAKA_PrajaRiskyPratama_H1D018018_Skripsi_2023.pdf Download (644kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi semakin canggih dan berkembang. Hal ini menyebabkan berbagai pengaruh pola hidup manusia baik pola pikir maupun perilaku. Salah satu perkembangan teknologi yang mempengaruhi pikiran manusia adalah gadget. Mayoritas anak di Indonesia menghabiskan waktu bermain dengan gadget. Tentunya ini mempengaruhi perkembangan anak, terutama dalam pengembangan Pendidikan, oleh karena itu perlunya penyampaian materi yang menarik dan dapat menyesuaikan keadaan pada masa ini. Dengan adanya permasalahan tersebut, penulis membuat penelitian ini dengan tujuan untuk memberikan sarana edukasi melalui permainan berbasis android melalui pengasahan daya pikir dan logika, yang dapat memperkenalkan materi agar lebih menarik untuk diterima dan dipahami terutama oleh anak yang masih dalam usia dini. dengan menggunakan Unity serta menggunakan metode penelitian Eksperiment one group pretest-posttest, metode mendesain user interface menggunakan User Centered Design (UCD) dan metode pengembangan yaitu GDLC (Game Development Life Cycle). Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian game edukasi Mengenal Flora dan Fauna terbukti berhasil membantu siswa/i kelas 4 SD untuk mengenal flora dan fauna melalui proses bermain dan belajar dengan persentase peningkatan sejumlah 25%. Metode GDLC memungkinkan penyesuaian game dengan kebutuhan pemain, sehingga game ini mudah diterima dan efektif dalam meningkatkan pemahaman mengenal flora dan fauna. Diharapkan bahwa solusi pembelajaran ini dapat menjadi alternatif yang inovatif dan efektif untuk membantu siswa – siswi dalam mengenal flora dan fauna melalui penggunaan teknologi yang sesuai dan mendidik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | H23287 |
Uncontrolled Keywords: | user interface, flora dan fauna, unity, game edukasi |
Subjects: | E > E76 Educational games |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Informatika |
Depositing User: | Mr Praja Risky Pratama |
Date Deposited: | 12 Jan 2024 00:44 |
Last Modified: | 12 Jan 2024 00:44 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/24636 |
Actions (login required)
View Item |