Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Tingkat Kepuasan dan Motivasi Pasien terhadap Kepatuhan Pengobatan pada Pasien Diabetes Melitus di RSU PKU Muhammadiyah Purbalingga

PUTRA, Youngky Fitra Cahyanda (2023) Pengaruh Tingkat Kepuasan dan Motivasi Pasien terhadap Kepatuhan Pengobatan pada Pasien Diabetes Melitus di RSU PKU Muhammadiyah Purbalingga. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-YOUNGKY FITRA CAHYA PUTRA-C2C020008-Tesis-2023.pdf

Download (67kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-YOUNGKY FITRA CAHYA PUTRA-C2C020008-Tesis-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-YOUNGKY FITRA CAHYA PUTRA-C2C020008-Tesis-2023.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-YOUNGKY FITRA CAHYA PUTRA-C2C020008-Tesis-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 November 2024.

Download (158kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-YOUNGKY FITRA CAHYA PUTRA-C2C020008-Tesis-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 November 2024.

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-YOUNGKY FITRA CAHYA PUTRA-C2C020008-Tesis-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 November 2024.

Download (147kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-YOUNGKY FITRA CAHYA PUTRA-C2C020008-Tesis-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-YOUNGKY FITRA CAHYA PUTRA-C2C020008-Tesis-2023.pdf

Download (62kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-YOUNGKY FITRA CAHYA PUTRA-C2C020008-Tesis-2023.pdf

Download (151kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-YOUNGKY FITRA CAHYA PUTRA-C2C020008-Tesis-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kepatuhan pengobatan merupakan komponen yang berperan penting dalam luaran pasien diabetes mellitus, serta bersifat multifaktorial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat motivasi dan kepuasan pasien terhadap kepatuhan pengobatan pasien diabetes mellitus di RS PKU Muhammadiyah Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan desain potong lintang. Pengambilan data dilakukan melalui kuesioner yang sudah melewati uji validitas dan reliabilitas dengan hasil bahwa kuesioner reliabel dan valid. Kemudian, dilakukan pengambilan data pada pasien yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Dilakukan analisis statistik berupa analisis univariat, bivariat, dan bivariat. Data disajikan dalam bentuk tabel dan diagram. Terdapat 125 subjek yang direkrut dalam penelitian, dengan mayoritas adalah perempuan dan berusia kurang dari 60 tahun. Motivasi pasien berhubungan dengan kepatuhan pengobatan dalam analisis bivariat, tetapi tidak terbukti dalam analisis multivariat. Sementara itu, tingkat kepuasan pasien terbukti berpengaruh dengan kepatuhan pengobatan baik dalam analisis bivariat maupun multivariat. Penelitian ini memberikan implikasi bagi tenaga medis dan rumah sakit sebagai catatan dan masukan. Pertama, tenaga medis perlu meningkatkan keterampilan komunikasi efektif dan pelayanan yang berkualitas untuk meningkatkan pemahaman, motivasi, dan kepuasan pasien. Selain itu, rumah sakit sebaiknya memberikan insentif kepada para tenaga kesehatan yang memberikan pelayanan kepada pasien secara prima sebagai bentuk apresiasi dan motivasi bagi tenaga kesehatan. Rumah sakit juga sebaiknya memberikan kuesioner dan membuka pos pengaduan untuk menerima keluhan, aspirasi, serta kritik konstruktif dari pasien, serta mengadakan pemantauan serta evaluasi mingguan bagi tenaga kesehatan dan staf rumah sakit mengenai kualitas layanan

Item Type: Thesis (Masters)
Nomor Inventaris: P223321
Uncontrolled Keywords: Kepatuhan Pengobatan, Ketaatan Pengobatan, Motivasi Pasien, Kepuasan Pasien, Diabetes mellitus
Subjects: D > D146 Diabetes
P > P103 Patients
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen
Depositing User: Mr YOUNGKY FITRA CAHYANDA PUTRA
Date Deposited: 29 Nov 2023 06:53
Last Modified: 29 Nov 2023 06:53
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/24640

Actions (login required)

View Item View Item