Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Iklan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kepercayaan Merek (Studi Di Wilayah Telekomunikasi Telkom Purwokerto)

MIRANTO, Teguh Iklas (2023) Pengaruh Iklan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kepercayaan Merek (Studi Di Wilayah Telekomunikasi Telkom Purwokerto). Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Teguh Ikhlas Miranto-C2C021028-Tesis-2023.pdf

Download (77kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Teguh Ikhlas Miranto-C2C021028-Tesis-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Teguh Ikhlas Miranto-C2C021028-Tesis-2023.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Teguh Ikhlas Miranto-C2C021028-Tesis-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 November 2024.

Download (127kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Teguh Ikhlas Miranto-C2C021028-Tesis-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 November 2024.

Download (183kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Teguh Ikhlas Miranto-C2C021028-Tesis-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 November 2024.

Download (301kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Teguh Ikhlas Miranto-C2C021028-Tesis-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Teguh Ikhlas Miranto-C2C021028-Tesis-2023.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Teguh Ikhlas Miranto-C2C021028-Tesis-2023.pdf

Download (126kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Teguh Ikhlas Miranto-C2C021028-Tesis-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)

Abstract

Keputusan pembelian merupakan serangkaian proses yang dimulai ketika konsumen mengenali suatu kebutuhan, mencari pilihan, mengevaluasi alternatif dan kemudian memilih produk dan layanan tertentu. Berdasarkan hal tersebut, keputusan pembelian dapat dijelaskan sebagai serangkaian langkah yang dilalui konsumen sebelum melakukan pembelian yang sebenarnya. Hal ini terdiri dari berbagai aspek seperti apa yang harus dibeli, kapan membeli, merek atau model apa yang akan dibeli, metode pembayaran apa yang akan digunakan dan berapa banyak yang harus dibelanjakan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kembali pengaruh iklan media sosial (interaktifitas, keinformatifan, relevansi yang dirasakan) terhadap kepercayaan merek dan kepercayaan merek terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini dapat menjadi penelitian lebih lengkap dengan menambahkan pengaruh iklan media sosial terhadap kepercayaan merek dan keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan di wilayah Telkom Purwokerto dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan interaktivitas berpengaruh positif terhadap kepercayaan merek, keinformatifan berpengaruh positif terhadap kepercayaan merek, relevansi yang dirasakan berpengaruh positif terhadap kepercayaan merek, dan kepercayaan merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini didasari oleh teori Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) digunakan sebagai teori terkini yang digunakan dan diterapkan untuk mengidentifikasi faktor-faktor penentu adopsi dan penggunaan teknologi oleh pelanggan dan digunakan untuk mempelajari pengaruh pemasaran media sosial terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini juga didasari oleh Theory of reasoned action (TRA) digunakan untuk mengetahui hubungan antara perilaku dan sikap yang menjelaskan bahwa seseorang rasional dalam mempertimbangkan tindakan mereka dan dampak dari tindakan yang dilakukan terhadap pengambilan keputusan. Penelitian ini membuktikan kedua teori tersebut, dimana keputusan pembelian konsumen dipengaruhi oleh iklan yang ada di media sosial dan kepercayaan merek. Hasilnya ditemukan bahwa hubungan antara iklan media sosial mempunyai pengaruh terhadap kepercayaan merek, dan kepercayaan merek memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Masters)
Nomor Inventaris: P223318
Uncontrolled Keywords: iklan media sosial, interaktivitas, keinformatifan, relevansi yang dirasakan, kepercayan merek, keputusan pembelian
Subjects: B > B337 Brand name products
P > P668 Purchasing
Divisions: Program Pascasarjana & Profesi > S2 Manajemen
Depositing User: Mr Teguh Iklas Miranto
Date Deposited: 30 Nov 2023 06:30
Last Modified: 30 Nov 2023 06:30
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/24675

Actions (login required)

View Item View Item