RIZKI, Shabrina Evita (2024) Peran Mediasi Perceived Novelty dan Peran Moderasi Consumer Innovation Pada Hubungan Perceived Green Product Innovation terhadap Green Purchase Intention. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Shabrina Evita Rizki-C1B020050-Skripsi-2024.pdf Download (255kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Shabrina Evita Rizki-C1B020050-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (873kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Shabrina Evita Rizki-C1B020050-Skripsi-2024.pdf Download (265kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Shabrina Evita Rizki-C1B020050-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (336kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Shabrina Evita Rizki-C1B020050-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (461kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Shabrina Evita Rizki-C1B020050-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (427kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Shabrina Evita Rizki-C1B020050-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (687kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Shabrina Evita Rizki-C1B020050-Skripsi-2024.pdf Download (257kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Shabrina Evita Rizki-C1B020050-Skripsi-2024.pdf Download (291kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Shabrina Evita Rizki-C1B020050-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (706kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian survei pada calon konsumen produk bandol Kampung Banaran khas Banyumas. Penelitian ini mengambil judul: “Peran Mediasi Perceived Novelty dan Peran Moderasi Consumer Innovation Pada Hubungan Perceived Green Product Innovation terhadap Green Purchase Intention”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perceived green product innovation terhadap green purchase intention pada UMKM Bandol Kampung Banaran di Banyumas dengan consumer innovation sebagai variabel moderasi, dan perceived novelty sebagai variabel mediasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh calon konsumen di wilayah Eks Keresidenan Banyumas, yaitu Kabupaten Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, dan Cilacap. Jumlah responden yang diambil dalam penelitian ini adalah 166 responden. Purposive sampling model digunakan dalam penentuan responden. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dengan menggunakan analisis SEM PLS yang menunjukkan bahwa: (1) Perceived green product innovation berpengaruh positif terhadap green purchase intention, (2) Perceived green product innovation tidak berpengaruh positif terhadap perceived novelty, (3) Perceived novelty berpengaruh positif terhadap green purchase intention, (4) Peran perceived novelty tidak memediasi hubungan antara perceived green product innovation terhadap green purchase intention, (5) Peran consumer innovation memoderasi hubungan antara perceived green product innovation terhadap perceived novelty, dan (6) Peran consumer innovation tidak memoderasi hubungan antara perceived novelty terhadap green purchase intention. Implikasi dari kesimpulan di atas adalah dalam upaya meningkatkan perceived green product innovation dan green purchase intention, serta perceived novelty, sebaiknya UMKM produk bandol selalu memerhatikan sisi ramah lingkungan produk bandol dengan mempertahankannya dan melakukan strategi pemasaran yang tepat pada pasarnya. Hal tersebut dapat meningkatkan pengaruh dari perceived green product innovation dan perceived novelty terhadap green purchase intention. UMKM produk bandol dapat melibatkan inovasi-inovasi masukan dari konsumen dalam proses baik produksi maupun pemasaran dan menerapkannya untuk evaluasi ke depannya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C24032 |
Uncontrolled Keywords: | Perceived Green Product Innovation, Perceived Novelty, Green Purchase Intention, Consumer Innovation |
Subjects: | M > M37 Management Marketing Selling |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen |
Depositing User: | Mrs Shabrina Evita Rizki |
Date Deposited: | 17 Jan 2024 01:33 |
Last Modified: | 17 Jan 2024 01:33 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/24966 |
Actions (login required)
View Item |