ALHAFIZATUN, Khaefiyah (2023) Hubungan Nilai Ujian Identifikasi Anatomi dengan Kesesuaian Gaya Belajar dan Kebiasaan Belajar Model VARK Studi pada Mahasiswa Jurusan Kedokteran Umum Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman Angkatan 2022. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Khaefiyah Alhafizatun-G1A020111-Skripsi-2024.pdf Download (93kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Khaefiyah Alhafizatun-G1A020111-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (646kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Khaefiyah Alhafizatun-G1A020111-Skripsi-2024.pdf Download (156kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Khaefiyah Alhafizatun-G1A020111-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) |
|
PDF (BABII)
BAB-II-Khaefiyah Alhafizatun-G1A020111-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (521kB) |
|
PDF (BABIII)
BAB-III-Khaefiyah Alhafizatun-G1A020111-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (337kB) |
|
PDF (BABIV)
BAB-IV-Khaefiyah Alhafizatun-G1A020111-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (367kB) |
|
PDF (BABV)
BAB-V-Khaefiyah Alhafizatun-G1A020111-Skripsi-2024.pdf Download (96kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Khaefiyah Alhafizatun-G1A020111-Skripsi-2024.pdf Download (249kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Khaefiyah Alhafizatun-G1A020111-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (552kB) |
Abstract
Penguasaan ilmu Anatomi esensial untuk melandasi pembelajaran di Kedokteran. Namun demikian, nilai ujian identifikasi Anatomi seringkali kurang memuaskan. Permasalahan tersebut dapat disebabkan adanya ketidaksesuaian antara gaya belajar dengan kebiasaan belajar yang dapat dilihat dari modalitas VARK (Visual-Auditory-Read/write-Kinesthetic) dalam menerima, memproses dan mengolah informasi. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan antara nilai ujian identifikasi Anatomi dengan kesesuaian modalitas VARK antara gaya belajar dan kebiasaan belajar. Metode: Ini merupakan penelitian observasional terhadap 103 mahasiswa tingkat pertama Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman yang dipilih menggunakan total sampling, dengan memperhatikan kriteria inklusi berupa ketersediaan data ketiga variabel secara lengkap. Data sekunder berupa gaya belajar model VARK, kebiasaan belajar model VARK dan nilai ujian identifikasi Anatomi dianalisis secara statistik univariat dan bivariat dengan uji Mann-Whitney. Hasil: Sebagian besar mahasiswa memiliki gaya belajar quadmodal VARK (27,2%), tetapi kebiasaan belajar unimodal visual (21,4%). Sebanyak 64,1% sampel tidak memiliki kesesuaian, dengan rerata nilai 78,10. Sebanyak 35,9% sampel memiliki kesesuaian modalitas antara gaya belajar dengan kebiasaan belajar, dengan rerata nilai 78,98. Hasil uji Mann-Whitney mendapatkan nilai p=0,212. Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan bermakna antara nilai ujian identifikasi Anatomi dengan kesesuaian antara gaya belajar dan kebiasaan belajar Anatomi model VARK. Mahasiswa dapat merefleksikan hasil penelitian untuk memodifikasi proses belajar mereka. Institusi perlu memastikan variasi modalitas dalam metode pembelajaran dan metode penilaian, turut membantu proses adaptasi mahasiswa terhadap lingkungan belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | G24001 |
Uncontrolled Keywords: | Anatomi, gaya belajar, kebiasaan belajar, kesesuaian, nilai ujian identifikasi, VARK |
Subjects: | C > C716 Concept learning |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Pendidikan Dokter |
Depositing User: | Mrs Khaefiyah Alhafizatun |
Date Deposited: | 10 Jan 2024 08:15 |
Last Modified: | 10 Jan 2024 08:15 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/24980 |
Actions (login required)
View Item |