Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Penggunaan WhatsApp dalam Memenuhi Kebutuhan Hubungan Interpersonal Antara Anak Rantau dengan Orang Tua

SERAFINA, Nadia Fairuz (2023) Penggunaan WhatsApp dalam Memenuhi Kebutuhan Hubungan Interpersonal Antara Anak Rantau dengan Orang Tua. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Nadia Fairuz Serafina-F1C019076-Skripsi-2024.pdf

Download (118kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Nadia Fairuz Serafina-F1C019076-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Nadia Fairuz Serafina-F1C019076-Skripsi-2024.pdf

Download (186kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Nadia Fairuz Serafina-F1C019076-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Nadia Fairuz Serafina-F1C019076-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (733kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Nadia Fairuz Serafina-F1C019076-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Nadia Fairuz Serafina-F1C019076-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Nadia Fairuz Serafina-F1C019076-Skripsi-2024.pdf

Download (182kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Nadia Fairuz Serafina-F1C019076-Skripsi-2024.pdf

Download (151kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Nadia Fairuz Serafina-F1C019076-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai penggunaan WhatsApp antara anak rantau dengan orang tua guna memenuhi kebutuhan dalam hubungan interpersonal. Dalam penelitian kali ini, kebutuhan hubungan interpersonal dilihat dari teori FIRO (Fundamental Interpersonal Relationship Orientation) yang di dalamnya terdapat kebutuhan inklusi, kontrol, dan afeksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses, hambatan, dan bagaimana pemenuhan kebutuhan dalam hubungan interpersonal antara anak rantau dengan orang tua melalui penggunaan WhatsApp. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan Teori Media Baru. Pemilihan informan dalam penelitian kali ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria tertentu yang telah ditetapkan. Dari penelitian ini ditemukan proses penggunaan WhatsApp sebagai media komunikasi jarak jauh dilihat dari tiga aspek. Pertama adalah faktor penggunaan WhatsApp yang dipilih karena banyak digunakan oleh masyarakat, penggunaannya yang cukup mudah, dan kelengkapan fitur yang dimiliki WhatsApp. Kedua adalah isu atau pembahasan yang dibicarakan oleh anak dan orang tua berupa kegiatan sehari-hari serta proses perkuliahan sang anak. Ketiga adalah intensitas komunikasi anak dan orang tua yang tidak dilakukan setiap hari, namun rata-rata dilakukan 2-3 hari sekali. Ditemukan tiga hambatan selama proses penggunaan WhatsApp. Pertama hambatan teknis berupa sinyal atau jaringan yang tidak stabil. Hambatan manusiawi berupa kesibukan, kondisi ekonomi dan psikologis, serta perbedaan zona waktu. Terakhir adalah hambatan semantik berupa perbedaan penerimaan makna pesan. Meskipun demikian, terdapat solusi yang dapat mengatasi hambatan tersebut. Pemenuhan kebutuhan dalam hubungan interpersonal dianggap terpenuhi oleh orang tua maupun anak. Kebutuhan inklusi dipenuhi dengan dilakukannya interaksi antara anak dan orang tua melalui WhatsApp, kebutuhan kontrol dipenuhi dengan pemberian maupun arahan, sedangkan kebutuhan afeksi dipenuhi dengan pemberian kasih sayang berupa perhatian dan dukungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F24011
Uncontrolled Keywords: WhatsApp, Anak Rantau dan Orang Tua, Hubungan Interpersonal, Teori FIRO, Teori Media Baru
Subjects: C > C634 Communication Mass media Telecommunication
I > I267 Interpersonal relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mrs Nadia Fairuz Serafina
Date Deposited: 12 Jan 2024 00:58
Last Modified: 12 Jan 2024 00:58
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/25011

Actions (login required)

View Item View Item