AYUNINGSIH, Vivin Dwi (2024) Efektivitas Pelayanan Klaim Jaminan Hari Tua (JHT) Pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Vivin Dwi Ayuningsih-F1B020073-Skripsi-2024.pdf Download (169kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Vivin Dwi Ayuningsih-F1B020073-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (485kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Vivin Dwi Ayuningsih-F1B020073-Skripsi-2024.pdf Download (128kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Vivin Dwi Ayuningsih-F1B020073-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 17 January 2025. Download (242kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Vivin Dwi Ayuningsih-F1B020073-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 17 January 2025. Download (277kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Vivin Dwi Ayuningsih-F1B020073-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 17 January 2025. Download (151kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Vivin Dwi Ayuningsih-F1B020073-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (981kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Vivin Dwi Ayuningsih-F1B020073-Skripsi-2024.pdf Download (134kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Vivin Dwi Ayuningsih-F1B020073-Skripsi-2024.pdf Download (137kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Vivin Dwi Ayuningsih-F1B020073-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (868kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana Efektivitas Pelayanan Klaim Jaminan Hari Tua (JHT) Pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Purwokerto serta faktor apa saja yang menghambat proses klaim JHT. Biasanya kendala yang datang dapat berasal dari faktor internal maupun eksternal. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data digunakan dengan teknik wawancara, observasi lapangan, dokumentasi. Teknik analisi data yang digunakan adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas klaim JHT pada BPJS Ketenagakerjaan dapat dilihat dari lima indikator efektivitas pelayanan menurt James L. Gibson, yaitu : Produktifitas yang dinilai dari prosedur pelayanan dan tupoksi pegawai sudah berjalan cukup baik. Kualitas yang dinilai dari segi bukti fisik, keandalan pegawai, dan daya tanggap pegawai juga dinilau baik oleh peserta. Efisiensi mengenai waktu dan biaya sangat baik karena BPJS Ketenagakerjaan melakukan pelayanan dengan cepat dan tanpa dipungut biaya. Kepuasan yang dinilai dari segi sikap petugas terhadap peserta serta kenyamanan lingkungan yang juga mendapat nilai cukup baik. Sedangkan indikator fleksibilitas yang meiliputi kemudahan klaim dinilai kurang baik karena masih banyak terdapat kendala seperti kurangnya sosialisasi pegawai BPJS Ketenagakerjaan cabang Purwokerto mengenai penggunaan aplikasi JMO maupun situs web Lapak Asik kemudian proses klaim yang kurang dipahami khususnya oleh peserta yang berusia 40 tahunan ke atas dengan alasan gaptek (gagap teknologi).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F24010 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Efektivitas, Pelayanan Publik, BPJS Ketenagakerjaan |
Subjects: | C > C794 Consumers Information services I > I182 Insurance L > L1 Labor |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik |
Depositing User: | Mrs Vivin Dwi Ayuningsih |
Date Deposited: | 17 Jan 2024 02:03 |
Last Modified: | 17 Jan 2024 02:03 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/25110 |
Actions (login required)
View Item |