Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Program CSR Pelayanan Kesehatan Keliling dari Filantropi ke Pemberdayaan: Studi Kasus Unit CSR PT Angkasa Pura I Adi Soemarmo Solo

KUSUMAWATI, Luthfia Anggriani Syifa (2024) Program CSR Pelayanan Kesehatan Keliling dari Filantropi ke Pemberdayaan: Studi Kasus Unit CSR PT Angkasa Pura I Adi Soemarmo Solo. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Luthfia Anggriani Syifa Kusumawati-F1B020096-Skripsi-2024.pdf

Download (127kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Luthfia Anggriani Syifa Kusumawati-F1B020096-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Luthfia Anggriani Syifa Kusumawati-F1B020096-Skripsi-2024.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Luthfia Anggriani Syifa Kusumawati-F1B020096-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 January 2025.

Download (4MB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Luthfia Anggriani Syifa Kusumawati-F1B020096-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 January 2025.

Download (11MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Luthfia Anggriani Syifa Kusumawati-F1B020096-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 January 2025.

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Luthfia Anggriani Syifa Kusumawati-F1B020096-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Luthfia Anggriani Syifa Kusumawati-F1B020096-Skripsi-2024.pdf

Download (579kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Luthfia Anggriani Syifa Kusumawati-F1B020096-Skripsi-2024.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Luthfia Anggriani Syifa Kusumawati-F1B020096-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Salah satu bentuk partisipasi untuk meningkatkan kualitas hidup warga negara Indonesia adalah dengan kedermawanan (filantropi) melalui Corporate Social Responsibility (CSR). CSR merupakan sebuah kewajiban bagi Perseroan Terbatas (PT), hal tersebut diatur dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (PT) pasal 74 dan UU Nomor 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal pasal 15, 17, dan 34. Program CSR dalam BUMN disebut TJSL BUMN yang merupakan komitmen perusahaan terhadap pembangunan yang berkelanjutan dengan memberikan manfaat pada sisi sosial di sekitar. TJSL BUMN diorientasikan dalam menangani isu-isu SDGs. Bandara Adi Soemarmo Solo melalui program pelayanan kesehatan keliling tidak hanya sekadar melakukan kegiatan filantropi dengan menyisihkan keuntungan dari kegiatan operasional perusahaan namun juga ikut memberdayakan masyarakat untuk mencapai kesejahteraan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskripif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan data primer dan sekunder yang dipeperoleh melalui wawancara, observasi serta dokumentasi. Wawancara telah dilakukan kepada Manager Legal Compliance and Stakeholder Relation PT Angkasa Pura Adi Soemarmo, Kepala Puskesmas Ngemplak, Petugas Gizi Puskesmas Ngemplak serta perwakilan perserta program Kesling. Observasi yang telah dilakukan adalah ikut serta dalam program Kesling. Dokumentasi yang digunakan sebagai rujukan dalam penyusunan laporan penelitian ini antara lain: dokumen dari hasil wawancara, dokumentasi gambar selama kegiatan penelitian berlangsung, hingga dokumen terkait pelaksanaan program CSR pelayanan kesehatan keliling Program Kesling dalam pelaksanannya sudah menganut alur Triple Bottom Line yang mencakup people (masyarakat), planet (lingkungan) dan profit (keuntungan). Program Kesling memberikan dampak dan manfaat bagi masyarakat di Kecamatan dengan pelayanan pengobatan gratis dan pembagian PMT. Program Kesling juga telah memperhatikan unsur lingkungan, yakni dilaksanakan di Kecamatan Ngemplak. Hal tersebut selain dikarenakan lokasi bandar udara yang terletak di Kecamatan Ngemplak juga dikarenakan masih terdapatnya kasus ibu hamil KEK dan balita KEP. Pasien pelayanan pengobatan gratis di tiga desa yakni Desa Sawahan, Kismoyoso dan Giriroto yang didominasi masyarakat dewasa dan lansia memudahkan masyarakat untuk mandapatkan akses kesehatan. Program kesling juga memberikan manfaat bagi masyarakat berupa pelayanan gratis dan PT Angkasa Pura I Adi Soemarmo mendapatkan corporate image yang baik. Program kesling juga merupakan bentuk pemberdayaan masyarakat. Kegiatan CSR yang berbasis pemberdayaan masyarakat (community empowerment) yakni melalui corporate citizenship.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F24024
Uncontrolled Keywords: CSR, Pelayanan Kesehatan, Filantropi, Pemberdayaan
Subjects: S > S446 Social responsibility of business
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: Mrs Luthfia Anggriani Syifa Kusumawati
Date Deposited: 17 Jan 2024 08:24
Last Modified: 17 Jan 2024 08:24
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/25148

Actions (login required)

View Item View Item