Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Perceived Organizational Support, Kompetensi, dan Leader Member Exchange terhadap Kinerja Karyawan dengan Work Engagement sebagai Variabel Mediasi (Studi pada UMKM di Kecamatan Purwanegara)

ALDORA, Nisa (2024) Pengaruh Perceived Organizational Support, Kompetensi, dan Leader Member Exchange terhadap Kinerja Karyawan dengan Work Engagement sebagai Variabel Mediasi (Studi pada UMKM di Kecamatan Purwanegara). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Nisa Aldora-C1B020093-Skripsi-2024.pdf

Download (333kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Nisa Aldora-C1B020093-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (690kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Nisa Aldora-C1B020093-Skripsi-2024.pdf

Download (247kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Nisa Aldora-C1B020093-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 January 2025.

Download (373kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Nisa Aldora-C1B020093-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 January 2025.

Download (568kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Nisa Aldora-C1B020093-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 January 2025.

Download (462kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Nisa Aldora-C1B020093-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (765kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Nisa Aldora-C1B020093-Skripsi-2024.pdf

Download (320kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Nisa Aldora-C1B020093-Skripsi-2024.pdf

Download (320kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Nisa Aldora-C1B020093-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengambil judul “Pengaruh Perceived Organizational Support, Kompetensi, dan Leader Member Exchange terhadap Kinerja Karyawan dengan Work Engagement sebagai Variabel Mediasi (Studi pada UMKM di Kecamatan Purwanegara)”. Fenomena penelitian ini adalah UMKM di Kecamatan Purwanegara memiliki keterbatasan yaitu karyawan yang bekerja di UMKM mungkin menghadapi ketidakpastian dalam pekerjaan mereka, hal tersebut dapat mempengaruhi kemampuan organisasi dalam meberikan dukungan yang memadai bagi karyawan. Karyawan di Kecamatan Purwanegara masih kurangnya terhadap pengalaman kerja, keterbatasan keahlian dan keterampilan. Keterbatasan waktu atau sumber daya pemimpin juga dapat menghambat kemampuan mereka untuk membangun hubungan yang kuat dengan setiap anggota tim. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menguji Perceived Organizational Support, Kompetensi, dan Leader Member Exchange terhadap Kinerja Karyawan yang diperluas dengan mempertimbangkan Work Engagement sebagai peran mediasi. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan UMKM di Kecamatan Purwanegara. Jumlah responden yang diambil dalam penelitian ini adalah 100 responden. Metode purposive sampling digunakan dalam penentuan responden. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dengan menggunakan SEM (Structural Equation Modelling) menunjukkan bahwa : Perceived Organizational Support tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan. Kompetensi, dan Leader Member Exchange memiliki pengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan. Perceived Organizational Support, Kompetensi, dan Leader Member Exchange memiliki pengaruh signifikan terhadap Work Engagement. Work Engagement memidiasi hubungan antara Perceived Organizational Support terhadap Kinerja Karyawan. Work Engagement tidak memediasi hubungan antara Kompetensi dan Leader Member Exchange teradap Kinerja Karyawan. Penelitian ini menggunakan teori social exchange dan model iceberg competence untuk memperkuat pemahaman mengenai variabel-variabel yang diteliti dalam penelitian ini, social exchange atau pertukaran sosial membentuk dasar hubungan yang berkualitas tinggi antara karyawan dan pemimpin mereka, serta antara karyawan dan organisasi mereka. Sementara itu, model iceberg mengidentifikasi lima karakteristik dari kompetensi (core competency), yang mencakup Pengetahuan, Keterampilan, Watak, Motif, dan Konsep Diri. Kontribusi penelitian ini adalah memberikan pemahaman yang lebih komprehensif faktor job demands, Job resources, personal resources saling terkait dan bagaimana work engagement berperan sebagai pemicu kinerja, sehingga memberikan panduan organisasi dengan memperhatikan aspek vigor, dedication, absortion yang mempengaruhi tingkat work engagement untuk meningkatkan kinerja karyawan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C24086
Uncontrolled Keywords: Perceived Organizational Support, Kompetensi, Leader Member Exchange, Kinerja Karyawan, Work Engagement
Subjects: E > E216 Employees Rating
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Mrs Nisa Aldora
Date Deposited: 18 Jan 2024 00:58
Last Modified: 18 Jan 2024 00:58
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/25155

Actions (login required)

View Item View Item