Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Inovasi Pelayanan Kesehatan (Penelitian Tentang Inovasi Manis Nan Jitu di Puskesmas Rakit 2 Kabupaten Banjarnegara)

DHIYATI, Salma Qonita (2024) Inovasi Pelayanan Kesehatan (Penelitian Tentang Inovasi Manis Nan Jitu di Puskesmas Rakit 2 Kabupaten Banjarnegara). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Salma Qonita Dhiyati-F1B019001-Skripsi-2024.pdf

Download (125kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Salma Qonita Dhiyati-F1B019001-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Salma Qonita Dhiyati-F1B019001-Skripsi-2024.pdf

Download (57kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Salma Qonita Dhiyati-F1B019001-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 January 2025.

Download (2MB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Salma Qonita Dhiyati-F1B019001-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 January 2025.

Download (329kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Salma Qonita Dhiyati-F1B019001-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 January 2025.

Download (172kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Salma Qonita Dhiyati-F1B019001-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Salma Qonita Dhiyati-F1B019001-Skripsi-2024.pdf

Download (61kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Salma Qonita Dhiyati-F1B019001-Skripsi-2024.pdf

Download (213kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Salma Qonita Dhiyati-F1B019001-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pemerintah mendorong terciptanya program inovatif dalam upaya pelaksanaan pelayanan kesehatan jiwa, khsusunya mengatasi permasalahan akses terhadap pelayanan kesehatan jiwa yang diutamakan di tingkat puskesmas. Seperti inovasi Manis Nan Jitu (Mekanisme Pelayanan Kesehatan Jiwa Terpadu) di Puskesmas Rakit 2 untuk mengatasi permasalahan pelayanan kesehatan jiwa agar seluruh pasien orang dengan gangguan jiwa memperoleh pengobatan secara teratur dan tidak ditelantarkan sehingga menurunkan kasus pasien mengamuk. Dalam hal ini, peneliti berusaha untuk mengkaji dan mendeskripsikan inovasi tersebut. Inovasi tersebut akan dideskripsikan melalui perspektif inovasi pelayanan publik di bidang kesehatan. Peneliti berupaya untuk menggambarkan inovasi tersebut menggunakan teori inovasi yang dikembangkan oleh Rogers (1983) melalui lima aspek yaitu relative advantage, compatibility, complexity, trialability, dan observability. Menggunakan kualitatif deskriptif, informan ditentukan secara purposive yaitu informan ditetapkan berdasarkan kriteria bahwa informan tersebut memiliki informasi yang mendalam mengenai permasalahan tersebut. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan dianalisis dengan metode interaktif Miles, Huberman, dan Saldana (2014). Hasil penelitian yang telah dilaksanakan menyatakan bahwa inovasi tersebut bermanfaat bagi tenaga kesehatan dan masyarakat. Inovasi dibuat dengan menyesuaikan kondisi dan kebutuhan masyarakat sehingga pelayanan menjadi lebih baik. Inovasi tersebut mudah dipahami oleh tenaga kesehatan dan masyarakat, serta tidak ada tahap uji coba dalam pelaksanaan inovasi tersebut. Pelaksanaan inovasi tersebut melibatkan lintas sektor dan layanan rujukan yang efektif dibanding sebelumnya. Inovasi dilaksanakan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan dari dibuatnya inovasi tersebut. Ada kendala berasal dari keluarga pasien dan puskesmas sendiri. Inovasi tersebut diketahui memperbaiki pelayanan kesehatan jiwa dan pengobatan yang lebih tepat, serta menurunkan stigma yang berkembang di masyarakat. Capaian riil pasien berobat meningkat, tetapi kasus pasien mengamuk akibat masih ada, stok obat yang kosong di puskesmas, serta perilaku tertutup keluarga pasien terkait kondisi pasien. Kesimpulannya, inovasi Manis Nan Jitu telah memenuhi aspek relative advantage, compatibility, complexity, observability, dalam pelaksanaannya tidak melewati tahap ada uji coba (trialability), tetapi pelaksanaannya berkoodinasi dengan lintas sektor dan memberikan pelayanan yang efektif. Implikasi dari hasil penelitian tersebut diharapkan dapat dilakukan pembaharuan dan evaluasi pada inovasi tersebut, melakukan survey kepuasan masyarakats secara khusus untuk inovasi, serta memasifkan edukasi yang dilakukan secara kolaboratif. Kata kunci: Inovasi, Inovasi Pelayanan Kesehatan, Kesehatan Jiwa, Manis Nan Jitu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F24038
Uncontrolled Keywords: Inovasi, Inovasi Pelayanan Kesehatan, Kesehatan Jiwa, Manis Nan Jitu
Subjects: C > C647 Community health services
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: Mrs. Salma Qonita Dhiyati
Date Deposited: 24 Jan 2024 01:20
Last Modified: 24 Jan 2024 01:20
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/25286

Actions (login required)

View Item View Item