Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

The Perspective of Students with Various Anxiety Levels on the Elicitation Techniques in the EFL Classroom (Descriptive-Qualitative Research of Grade VII C Students in SMPN 10 Purwakarta in the Academic Year 2022/2023)

ADININGGAR, Anggia Respati (2024) The Perspective of Students with Various Anxiety Levels on the Elicitation Techniques in the EFL Classroom (Descriptive-Qualitative Research of Grade VII C Students in SMPN 10 Purwakarta in the Academic Year 2022/2023). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Anggia Respati A-J1E018026-Skripsi-2024.pdf

Download (197kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Anggia Respati A-J1E018026-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (646kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK - Anggia Respati A - J1E018026 - Skripsi - 2024.pdf

Download (431kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Anggia Respati A-J1E018026-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 January 2025.

Download (497kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Anggia Respati A-J1E018026-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 January 2025.

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Anggia Respati A-J1E018026-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 January 2025.

Download (825kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Anggia Respati A-J1E018026-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Anggia Respati A-J1E018026-Skripsi-2024.pdf

Download (261kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Anggia Respati A-J1E018026-Skripsi-2024.pdf

Download (379kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Anggia Respati A-J1E18026-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Banyak siswa mengalami kesulitas belajar berbicara dalam bahasa Inggris. Salah satu permasalahannya adalah siswa seringkali mengalami kecemasan dalam berbicara dibanding keterampilan bahasa yang lain. Guru harus memikirkan strategi yang tepat untuk membantu siswa mengurangi kecemasannya saat berbicara. Teknik Elisitasi digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan ini, akan tetapi beberapa siswa masih mengalami kesulitan ketika berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kecemasan berbicara yang dialami siswa, dengan fokus pada Teknik Elisitasi yang digunakan oleh guru dan persepsi siswa mengenai hal tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan siswa kelas VII C di SMPN 10 Purwakarrta sebagai partisipan. Data diperoleh melalui observasi, kuisioner dan wawancara. Hasil menunjukkan bahwa ada tiga tingkat kecemasan yang dialami oleh siswa kelas VII; Sangat Cemas, Cemas, dan Cemas Ringan. Di kelas VII C lima siswa atau 19,2% mengalami kecemasan pada tingkat Sangat Cemas, 15 siswa atau 57,7% mengalami tingkat Cemas, dan enam siswa atau 23,1% mengalami kecemasan tingkat Ringan. Mengenai Teknik Elisitasi, guru di kelas VII C menggunakan lima tipe Teknik Elisitasi yaitu Menanyakan Pertanyaan, Bertanya Menggunakan Gambar, Bertanya Menggunakan Permainan dan Aktivitas, Bertanya Menggunakan Teks atau Dialog dan Bertanya Menggunakan Bahasa Non-Verbal dan tipe Teknik Elisitasi yang paling sering digunakan adalah Menanyakan Pertanyaan dengan total persentase 70,2% atau 40 kali penggunaan, diikuti oleh Bertanya Menggunakan Bahasa Nonverbal dengan persentase 14% dan di posisi ketiga ada Bertanya menggunakan Gambar dan Bertanya menggunakan Teks atau Dialog dengan persentase 7% dan tipe elisitasi dengan persentase paling rendah adalah Bertanya menggunakan Permainan atau Aktivitas dengan total 1,8% atau hanya satu kali penggunaan. Sembilan siswa dengan tingkat kecemasan berbeda diinterview dengan tujuan untuk mencari tahu pandangan siswa terhadap Teknik Elisitasi dan sebagian besar siswa dengan total delapan siswa dari masing-masing tingkat kecemasan yang berbeda merasa lebih nyaman ketika guru Bertanya menggunakan Gambar dan merasa tidak nyaman ketika guru secara langsung Menanyakan Pertanyaan. Selain itu, para siswa juga mengaku ingin lebih terlibat dalam aktivitas seperti permainan untuk membuat suasana pembelajaran lebih menarik dan mudah dinikmati.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: J24006
Uncontrolled Keywords: Tingkat Kecemasan, Teknik Elisitasi, Kecemasan Berbicara
Subjects: A > A382 Anxiety
E > E331 English literature Study and teaching
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mrs. Anggia Respati Adininggar
Date Deposited: 25 Jan 2024 01:08
Last Modified: 25 Jan 2024 01:08
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/25324

Actions (login required)

View Item View Item