Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Reducing English Students' Learning Loss through Integrating Conventional Classroom and Video-Based Self-Paced Learning as a Blended Learning Method (A Quasi-Experimental Study on the 8th Grade Students at SMP Negeri 4 Purwokerto)

VALESKA, Carla Kusuma (2024) Reducing English Students' Learning Loss through Integrating Conventional Classroom and Video-Based Self-Paced Learning as a Blended Learning Method (A Quasi-Experimental Study on the 8th Grade Students at SMP Negeri 4 Purwokerto). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Carla Kusuma Valeska-J1E019039-Skripsi-2024.pdf

Download (159kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Carla Kusuma Valeska-J1E019039-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Carla Kusuma Valeska-J1E019039-Skripsi-2024.pdf

Download (187kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Carla Kusuma Valeska-J1E019039-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 February 2025.

Download (214kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Carla Kusuma Valeska-J1E019039-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 February 2025.

Download (201kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Carla Kusuma Valeska-J1E019039-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 February 2025.

Download (399kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Carla Kusuma Valeska-J1E019039-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (655kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Carla Kusuma Valeska-J1E019039-Skripsi-2024.pdf

Download (156kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Carla Kusuma Valeska-J1E019039-Skripsi-2024.pdf

Download (210kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Carla Kusuma Valeska-J1E019039-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berisi tentang penerapan blended learning untuk mengurangi kehilangan pembelajaran siswa, dengan fokus khusus pada integrasi kelas konvensional dan pembelajaran mandiri berbasis video bagi siswa Bahasa Inggris di SMP Negeri 4 Purwokerto. Penelitian ini bertujuan untuk menilai dampak integrasi ini pada pencapaian pembelajaran siswa dengan kehilangan pembelajaran, mengeksplorasi persepsi siswa terhadap pendekatan gabungan ini, dan mengevaluasi proses implementasinya. Dengan menggunakan metode kuantitatif dan desain quasi-eksperimental, data dikumpulkan melalui tes, kuesioner, dan observasi. Analisis melibatkan uji-t sampel independen, statistik deskriptif, distribusi frekuensi, dan analisis narratif. Penelitian ini ditujukan untuk siswa kelas 8, dengan pemilihan sampel purposive yang memilih dua kelas sebagai kelompok kontrol dan eksperimen. Hasil menunjukkan bahwa meskipun perlakuan tidak secara signifikan meningkatkan pencapaian pembelajaran (nilai sig. = 0,402), terdapat peningkatan yang mencolok pada motivasi dan pemahaman siswa, masing masing dengan tingkat persetujuan sebesar 76% dan 77%. Observasi menunjukkan implementasi yang berhasil, menunjukkan peningkatan motivasi dan pemahaman baik dalam pengaturan kelas konvensional maupun pembelajaran mandiri. Peneliti menyarankan agar metode pembelajaran ini diintegrasikan dalam pertimbangan guru Bahasa Inggris, dengan menekankan pentingnya penyesuaian sesuai kebutuhan siswa. Selain itu, penelitian lebih lanjut tentang blended learning dan kehilangan pembelajaran disarankan untuk mengatasi kesenjangan pengetahuan yang ada. Secara keseluruhan, penelitian ini menyoroti potensi manfaat blended learning dalam mengatasi kehilangan pembelajaran, dengan menekankan perlunya eksplorasi dan penyesuaian berkelanjutan dalam pendidikan Bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: J24022
Uncontrolled Keywords: Blended learning, kemerosotan pembelajaran, self-paced learning, kelas konvensional
Subjects: E > E312 English language Study and teaching
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr. CARLA KUSUMA VALESKA
Date Deposited: 05 Feb 2024 01:31
Last Modified: 05 Feb 2024 01:31
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/25531

Actions (login required)

View Item View Item