Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Beauty vlogger Pria sebagai Bentuk Normalisasi Penggunaan Skincare dan Makeup Untuk Pria (Analisis Semiotika pada Youtube Channel Jovi Adhiguna)

AYUNI, Yusniar (2024) Beauty vlogger Pria sebagai Bentuk Normalisasi Penggunaan Skincare dan Makeup Untuk Pria (Analisis Semiotika pada Youtube Channel Jovi Adhiguna). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Yusniar Ayuni-F1A018025-SKRIPSI-2024.pdf

Download (4MB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Yusniar Ayuni-F1A018025-SKRIPSI-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Yusniar Ayuni-F1A018025-SKRIPSI-2024.pdf

Download (4MB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Yusniar Ayuni-F1A018025-SKRIPSI-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 February 2025.

Download (4MB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Yusniar Ayuni-F1A018025-SKRIPSI-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 February 2025.

Download (4MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Yusniar Ayuni-F1A018025-SKRIPSI-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 February 2025.

Download (4MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Yusniar Ayuni-F1A018025-SKRIPSI-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Yusniar Ayuni-F1A018025-SKRIPSI-2024.pdf

Download (4MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Yusniar Ayuni-F1A018025-SKRIPSI-2024.pdf

Download (4MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Yusniar Ayuni-F1A018025-SKRIPSI-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kemajuan teknologi telah memicu peningkatan permintaan dalam hal belanja online, terutama dalam produk-produk makeup dan skincare yang sangat diminati terutama oleh perempuan. Permintaan yang meningkat ini telah membuka jalan bagi fenomena beauty vlogger, pembuat konten yang berfokus pada produk kecantikan. Beauty vlogger adalah seseorang yang aktif memberikan informasi mengenai produk kecantikan. Awalnya, kehadiran beauty vlogger diramaikan oleh kaum perempuan. Namun, seiring berjalannya waktu, munculnya beauty vlogger pria telah mengubah paradigma tersebut. Keberadaan pria sebagai beauty vlogger pada awalnya dianggap sebagai sesuatu yang asing dan menarik perhatian publik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis normalisasi penggunaan skincare serta makeup pada beauty vlogger pria, dimana Jovi Adhiguna, seorang beauty vlogger pria menjadi sebuah objek yang dikaji dalam penelitian ini. Metode penelitian yang diterapkan dalam kajian ini adalah metode penelitian kualitatif. Sebanyak empat video, yang dipilih dari sekitar dua puluh video, digunakan sebagai representasi untuk menggambarkan normalisasi penggunaan produk skincare dan makeup. Sumber data utama dalam penelitian ini berasal dari konten video Jovi Adhiguna yang dianalisis untuk mengidentifikasi tanda-tanda audiovisual yang muncul. Selain itu, digunakan pula sumber data sekunder berupa jurnal, buku dan data yang relevan dengan konteks penelitian. Metode analisis yang digunakan yaitu semiotika Roland Barthes dimana data yang digunakan memuat tanda-tanda yang menyiratkan makna pada pemakaian produk kecantikan oleh Jovi Adhiguna dalam video-video yang dianalisis. Pendekatan ini memungkinkan analisis mendalam terhadap tanda-tanda visual dan audio yang merespon normalisasi penggunaan produk kecantikan, membuka pemahaman lebih lanjut terkait pengaruh dan interpretasi dalam konteks budaya dan gender. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Jovi Adhiguna mengekspresikan normalisasi penggunaan produk kecantikan melalui gestur tubuh, bahasa, dan teknik pengaplikasian makeup serta skincare. Tindakan ini berkaitan dengan stereotip feminin, menunjukkan bahwa beauty vlogger pria seperti Jovi memiliki hubungan erat dengan unsur-unsur budaya feminin dalam penggunaan skincare dan makeup. Normalisasi yang dilakukan oleh Jovi Adhiguna menggunakan cara dengan memberikan arahan atau disiplin perilaku yang dihubungkan dengan gaya feminin sehingga Jovi Adhiguna, sebagai seorang beauty vlogger pria, dapat melakukan normalisasi tanpa adanya pandangan asing. Maka dari itu, penggunaan skincare dan makeup oleh beauty vlogger pria juga tidak lepas dari adanya budaya feminin yang mengikat. Dengan demikian, untuk penelitian selanjutnya perlu menggunakan kelompok pria secara umum sebagai subjek yang diteliti sehingga dapat melihat bentuk penggunaan skincare serta makeup pada kelompok laki-laki secara umum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F24113
Uncontrolled Keywords: Beauty Vlogger Pria, Skincare, Makeup, Normalisasi
Subjects: S > S372 Skin Care
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi
Depositing User: Mrs Yusniar Ayuni
Date Deposited: 13 Feb 2024 01:02
Last Modified: 13 Feb 2024 01:02
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/25879

Actions (login required)

View Item View Item