KARTIKAWATI, Rizka (2019) Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Pribadi dengan Model Mind Mapping pada Siswa Kelas VII F SMP Negeri 7 Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
1. COVER-Rizka Kartikawati-F1K014009-skripsi-2019.pdf Download (536kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Rizka Kartikawati-F1K014009-skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (996kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Rizka Kartikawati-F1K014009-skripsi-2019..pdf Download (996kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Rizka Kartikawati-F1K014009-skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only until 27 February 2025. Download (587kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Rizka Kartikawati-F1K014009-skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only until 27 February 2025. Download (693kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Rizka Kartikawati-F1K014009-skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only until 27 February 2025. Download (713kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Rizka Kartikawat-F1K014009-skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Rizka Kartikawati-F1K014009-skripsi-2019.pdf Download (588kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR-PUSTAKA-Rizka Kartikawati-F1K01409-skripsi-2019.pdf Download (533kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Rizka Kartikawati-F1K014009-skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “peningkatan keterampilan menulis surat pribadi dengan model mind mapping pada siswa kelas VII F SMP Negeri 7 Purwokerto”. Penelitian ini dibuat untuk menderskripsikan peningkatan keterampilan menulis surat pribadi siswa kelas VII F SMP Negeri 7 Purwokerto dan untuk mendeskripsikan model pembelajaran mind mapping. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus. Subjek penelitiannya yaitu siswa kelas VII F SMP Negeri 7 Purwokerto yang berjumlah 32 siswa dan objek penelitiannya yaitu keterampilan menulis surat pribadi. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui 2 teknik, yaitu teknik tes dan nontes, teknik tes dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung, teknik nontes terdiri dari observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto, data tersebut kemudian dianalisis dengan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis surat pribadi dan perubahan perilaku belajar siswa. Peningkatan keterampilan menulis surat pribadi dapat dilihat dari perolehan nilai menulis surat pribadi pada siklus I dan siklus II. Hasil perubahan perilaku belajar siswa dapat dilihat dalam proses pembelajaran menulis surat pribadi siswa pada siklus I dan sikus II. Hasil nilai rata-rata keterampilan menulis surat pribadi pada siklus I yaitu 74,46 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 84,68. Pada siklus I dan siklus II, dari lima aspek penilaian yang mencapai nilai paling tinggi yaitu pada aspek kesesuaian isi surat dengan topik dengan nilai rata-rata 98,75. Hasil perubahan perilaku belajar siswa menjadi lebih aktif selama kegiatan belajar mengajar, siswa lebih percaya diri ketika mengutarakan pendapat, dan siswa lebih antusias ketika diberi tugas untuk menulis surat pribadi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | menulis surat pribadi, model mind mapping |
Uncontrolled Keywords: | menulis surat pribadi, model mind mapping |
Subjects: | L > L136 Letter writing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr soiman soiman |
Date Deposited: | 27 Feb 2024 01:43 |
Last Modified: | 27 Feb 2024 01:43 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/26198 |
Actions (login required)
View Item |