HAPSARI, Fajeri Woro (2023) Tingkat Kepuasan Konsumen dan Strategi Bauran Pemasaran Agroindustri Sirup Parijoto CV Seleksi Alam Muria Desa Colo Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Fajeri Woro Hapsari-A1A019099-Skripsi-2024.pdf.pdf Download (81kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Fajeri Woro Hapsari-A1A019099-Skripsi-2024.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (386kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Fajeri Woro Hapsari-A1A019099-Skripsi-2024.pdf.pdf Download (56kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Fajeri Woro Hapsari-A1A019099-Skripsi-2024.pdf.pdf Restricted to Repository staff only until 4 March 2025. Download (145kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Fajeri Woro Hapsari-A1A019099-Skripsi-2024.pdf.pdf Restricted to Repository staff only until 4 March 2025. Download (285kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Fajeri Woro Hapsari-A1A019099-Skripsi-2024.pdf.pdf Restricted to Repository staff only until 4 March 2025. Download (391kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Fajeri Woro Hapsari-A1A019099-Skripsi-2024.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (539kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Fajeri Woro Hapsari-A1A019099-Skripsi-2024.pdf.pdf Download (54kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Fajeri Woro Hapsari-A1A019099-Skripsi-2024.pdf.pdf Download (196kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Fajeri Woro Hapsari-A1A019099-Skripsi-2024.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (495kB) |
Abstract
Sistem agribisnis terdiri atas beberapa subsistem, yaitu subsistem agribisnis/agroindustri hulu, usahatani, agribisnis/agroindustri hilir, pemasaran, dan jasa layanan pendukung. Salah satu peluang agroindustri saat ini yang prospektif adalah agroindustri buah parijoto (Medinilla speciosa). CV Seleksi Alam Muria merupakan salah satu agroindustri sirup parijoto yang terletak di Desa Colo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus. Pada tahun 2021 terjadi penurunan pendapatan usaha sirup parijoto. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mempertahankan eksistensi sirup parijoto adalah mengetahui tingkat kepuasan konsumen dan merumuskan alternatif strategi bauran pemasaran. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah bauran pemasaran 7P. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi 1) indikator bauran pemasaran yang mempengaruhi keputusan pembelian sirup parijoto CV Seleksi Alam Muria. 2) tingkat kepentingan bauran pemasaran agroindustri sirup parijoto CV Seleksi Alam Muria. 3) tingkat kepuasan konsumen sirup parijoto agroindustri sirup parijoto CV Seleksi Alam Muria. 4) alternatif strategi bauran pemasaran yang dapat dipertimbangkan oleh agroindustri sirup parijoto CV Seleksi Alam Muria. Penelitian ini dilaksanakan di CV Seleksi Alam Muria, Desa Colo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik convenience sampling dengan jumlah sampel 100 konsumen untuk mengetahui tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan. Purposive sampling dengan jumlah informan 12 orang untuk menentukan alternatif strategi bauran pemasaran. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, importance performance analysis, customer satisfaction index, dan swot analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) indikator bauran pemasaran yang mempengaruhi keputusan pembelian yaitu mutu kemasan botol, harga terjangkau, website perusahaan, lokasi dekat dengan kota, lokasi mudah terlihat, fasilitas parkir, kualitas produk, citra nama merek baik, variasi ukuran kemasan botol, harga sesuai kualitas, promosi melalui instagram, promosi melalui event, kelengkapan informasi produk, pengetahuan karyawan tentang parijoto, dan ketersediaan stok karena memiliki tingkat kepentingan lebih tinggi dibandingkan yang lain. 2) Tingkat kepentingan bauran pemasaran dari yang tertinggi ke terendah adalah product (kualitas produk), price (harga sesuai kualitas), physical evidence (fasilitas parkir), people (pengetahuan karyawan tentang parijoto), promotion (promosi melalui event), place (lokasi dekat dengan kota), dan process (ketersediaan stok). 3) Tingkat kepuasan konsumen secara keseluruhan adalah puas dengan persentase 70,12%. 4) Strategi bauran pemasaran yang dipertimbangkan adalah mempertahankan kualitas produk (product), memberikan harga sesuai kualitas (price), membuka lokasi gerai yang lebih luas (physical evidence), aktif dan konsisten melakukan promosi, terutama yang diselenggarakan di dekat pusat kota dan kesempatan dari yayasan KBN (promotion), menciptakan relasi distribusi produk yang lebih luas (place).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | A24053 |
Uncontrolled Keywords: | Parijoto, Agroindustri, Kepuasan Konsumen, Strategi Bauran Pemasaran |
Subjects: | A > A136 Agricultural industry F > F63 Farm produce Marketing |
Divisions: | Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis |
Depositing User: | Mrs. Fajeri Woro Hapsari |
Date Deposited: | 04 Mar 2024 07:09 |
Last Modified: | 04 Mar 2024 07:09 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/26310 |
Actions (login required)
View Item |