FAROKHAH, Eviana Khamidatul (2019) Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Dengan Metode Sas Berbantuan Media Pop Up Book Pada Siswa Kelas 1 Sd Negeri 1 Watukumpul. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Eviana Khamidatul Farokhah-F1K014008-skripsi-2019.pdf Download (866kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Eviana Khamidatul Farokhah-F1K014008-Skripsi-2019.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Eviana Khamidatul Farokhah-F1K014008-skripsi-2019.pdf Download (950kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Eviana Khamidatul Farokhah-F1K014008-skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only until 14 March 2025. Download (1MB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-II-Eviana Khamidatul Farokhah-F1K014008-skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only until 14 March 2025. Download (1MB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Eviana Khamidatul Farokhah-F1K014008-skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only until 14 March 2025. Download (1MB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Eviana Khamidatul Farokhah-F1K014008-skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BabV)
BAB -V-Eviana Khamidatul Farokhah-F1K014008-skripsi.2019.pdf Download (984kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR-PUSTAKA-Eviana Kamidatul Farokhah-F1K014008-skripsi-2019.pdf Download (874kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Eviana Khamidatul Farokhah-F1K014008-Skripsi-2019.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuaan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan menggunakan metode SAS berbantuan media pop up book pada siswa kelas 1 SD Negeri 1 Watukumpul dan mengetahui peningkatan keterampilan membaca permulaan dengan metode SAS berbantuan media pop up book pada siswa kelas 1 SD Negeri 1 Watukumpul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD Negeri 1 Watukumpul. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Tekinik non tes berupa observasi, wawancara dan dokumentasi foto. Data dianalisis dengan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas demokrasi, validitas proses, validitas dialog, dan reliabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan dengan metode SAS berbantuan media Pop Up Book dilakasanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II dan proses pelaksanaan pembelajaran terdiri atas empat tahapan, yaitu perencanaan pelaksanaan, tindakan, dan observasi; (2) pembelajaran membaca permulaan dengan metode SAS Berbantuan media Pop Up Book dapat meningkatkan keterampilan membaca. Hal ini dapat terlihat dari skor rata – rata kererampilan membaca permulaan sebelum dikenai tindakan adalah 66,45, kemudian meningkat menjadi 71 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 73 pada siklus II. Peningkatan skor rata-rata dari pratindakan ke siklus I sebesar 4,55. Peningkatan siklus I hingga siklus II sebesar 2.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | JI9038 |
Uncontrolled Keywords: | keterampilan membaca permulaan, metode SAS, media pop up book. |
Subjects: | C > C261 Children Books and reading S > S775 Study skills |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr soiman soiman |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 01:48 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 01:48 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/26367 |
Actions (login required)
View Item |