Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Dengan Metode Sas Berbantuan Media Pop Up Book Pada Siswa Kelas 1 Sd Negeri 1 Watukumpul

FAROKHAH, Eviana Khamidatul (2019) Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Dengan Metode Sas Berbantuan Media Pop Up Book Pada Siswa Kelas 1 Sd Negeri 1 Watukumpul. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Eviana Khamidatul Farokhah-F1K014008-skripsi-2019.pdf

Download (866kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Eviana Khamidatul Farokhah-F1K014008-Skripsi-2019.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Eviana Khamidatul Farokhah-F1K014008-skripsi-2019.pdf

Download (950kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Eviana Khamidatul Farokhah-F1K014008-skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 March 2025.

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-II-Eviana Khamidatul Farokhah-F1K014008-skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 March 2025.

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Eviana Khamidatul Farokhah-F1K014008-skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 March 2025.

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Eviana Khamidatul Farokhah-F1K014008-skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabV)
BAB -V-Eviana Khamidatul Farokhah-F1K014008-skripsi.2019.pdf

Download (984kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR-PUSTAKA-Eviana Kamidatul Farokhah-F1K014008-skripsi-2019.pdf

Download (874kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Eviana Khamidatul Farokhah-F1K014008-Skripsi-2019.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuaan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan menggunakan metode SAS berbantuan media pop up book pada siswa kelas 1 SD Negeri 1 Watukumpul dan mengetahui peningkatan keterampilan membaca permulaan dengan metode SAS berbantuan media pop up book pada siswa kelas 1 SD Negeri 1 Watukumpul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD Negeri 1 Watukumpul. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Tekinik non tes berupa observasi, wawancara dan dokumentasi foto. Data dianalisis dengan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas demokrasi, validitas proses, validitas dialog, dan reliabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan dengan metode SAS berbantuan media Pop Up Book dilakasanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II dan proses pelaksanaan pembelajaran terdiri atas empat tahapan, yaitu perencanaan pelaksanaan, tindakan, dan observasi; (2) pembelajaran membaca permulaan dengan metode SAS Berbantuan media Pop Up Book dapat meningkatkan keterampilan membaca. Hal ini dapat terlihat dari skor rata – rata kererampilan membaca permulaan sebelum dikenai tindakan adalah 66,45, kemudian meningkat menjadi 71 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 73 pada siklus II. Peningkatan skor rata-rata dari pratindakan ke siklus I sebesar 4,55. Peningkatan siklus I hingga siklus II sebesar 2.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: JI9038
Uncontrolled Keywords: keterampilan membaca permulaan, metode SAS, media pop up book.
Subjects: C > C261 Children Books and reading
S > S775 Study skills
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr soiman soiman
Date Deposited: 14 Mar 2024 01:48
Last Modified: 14 Mar 2024 01:48
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/26367

Actions (login required)

View Item View Item