Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Peningkatan Keterampilan Menulis Pantun Dengan Teknik Tari Bambu Berbantuan Media Gambar Keindahan Alam Pada Siswa Kelas Viia Madrasah Tsanawiyah Raudlatul Huda Adipala

WINARNO, Agung Nanda (2019) Peningkatan Keterampilan Menulis Pantun Dengan Teknik Tari Bambu Berbantuan Media Gambar Keindahan Alam Pada Siswa Kelas Viia Madrasah Tsanawiyah Raudlatul Huda Adipala. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
1.COVER-Agung Nanda Winarno-FIK014050-SKRIPSI-FIB 2019.pdf

Download (606kB)
[img] PDF (Legalitas)
2.LEGALITAS-Agung Nanda Winarno-FIK014050-SKRIPSI-FIB 2019.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 March 2025.

Download (972kB)
[img] PDF (Abstrak)
3.ABSTRAK-Agung Nanda Winarno-FIK014050-SKRIPSI-FIB 2019.pdf

Download (645kB)
[img] PDF (BabI)
4.BAB-I-Agung Nanda Winarno-FIK014050-SKRIPSI-FIB 2019.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 March 2025.

Download (749kB)
[img] PDF (BabII)
5.BAB-II-Agung Nanda Winarno-FIK014050-SKRIPSI-FIB 2019.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 March 2025.

Download (883kB)
[img] PDF (BabIII)
6.BAB-III-Agung Nanda Winarno-FIK014050-SKRIPSI-FIB 2019.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 March 2025.

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
7.BAB-IV-Agung Nanda Winarno-FIK014050-SKRIPSI-FIB 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
8.BAB-V-Agung Nanda Winarno-FIK014050-SKRIPSI-FIB 2019.pdf

Download (767kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
9.DAFTAR PUSTAKA-Agung Nanda Winarno-FIK014050-SKRIPSI-FIB 2019.pdf

Download (660kB)
[img] PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN-Agung Nanda Winarno-FIK014050-SKRIPSI-FIB 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penilitian ini membahas tentang peningkatan keterampilan Menulis Pantun dengan teknik tari bambu berbantuan media gambar keindahan alam pada siswa kelas VIIA Madrasah Tsanawiyah Raudlatul Huda Adipala.Tujuan penelitian ini untuk mjeningkatkan keterampilan Menulis Pantun dan perubahan perilaku belajar siswa selama pembelajaran pada siswa kelas VIIA Madrasah Tsanawiyah Raudlatul Huda Adipala. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIA Madrasah Tsanawiyah Raudlatul Huda Adipala tahun ajaran 2017/2018 berjumlah 36 siswa yang terdiri atas 12 sijswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. Sumber data yang digunakan adalah hasil pengamatan teknik tari bambu dan dokumen resmi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi/pengamatan, angket dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan yaitu Triangulasi dan Diskusi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menghitung rata-rata nilai siswa dan deskriptif kualitatif untuk mengetahui perubahan perilaku siswa. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa teknik tari bambu berbantuan media gambar keindahan alam pada siswa kelas VIIA Madrasah Tsanawiyah Raudlatul Huda Adipala dapat meningkatkan keterampilan menulis pantun. Peningkatan keterampilan Menulis Pantun dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata hasil pada siklus I diperoleh hasil rata-rata nilai 72,74 dengan ketuntasan 63,89% dan skor rata-rata perubahan perilaku siswa 3,17 dengan kategori baik. Hasil tes keterampilan Menulis Pantun siklus II jumlah siswa yang mencapai KKM adalah 88,89% dengan rata-rata nilai 83,29. Hasil nontes menunjukkan adanya perubahan perilaku siswa yang ditunjukan pada siklus satu dengan skor rata rata 3,17 dengan kategori baik, kemudian siklus II skor rata-rata perubahan perilaku siswa meningkat 3,53 dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: JI9041
Uncontrolled Keywords: Keterampilan menulis, Teknik tari bambu berbantuan media gambar keindahan alam
Subjects: C > C296 Childrens writings
T > T62 Technical writing
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr soiman soiman
Date Deposited: 22 Mar 2024 02:30
Last Modified: 22 Mar 2024 02:30
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/26460

Actions (login required)

View Item View Item