PARDOMUAN, Adrian Ramdani (2024) Tanggung Jawab PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Lubuklinggau terhadap Tabungan Konsumen Penyimpan Dana Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Adrian Ramdani Pardomuan-E1B018031-Skripsi-2024.pdf Download (22kB) |
|
PDF (Abstrak)
Abstrak-Adrian Ramdani Pardomuan-E1B018031-Skripsi-2024.pdf Download (97kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-Adrian Ramdani Pardomuan-E1B018031-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 18 April 2025. Download (285kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Adrian Ramdani Pardomuan-E1B018031-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 18 April 2025. Download (261kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-Adrian Ramdani Pardomuan-E1B018031-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 18 April 2025. Download (74kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Adrian Ramdani Pardomuan-E1B018031-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-Adrian Ramdani Pardomuan-E1B018031-Skripsi-2024.pdf Download (76kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka-Adrian Ramdani Pardomuan-E1B018031-Skripsi-2024.pdf Download (71kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Adrian Ramdani Pardomuan-E1B018031-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (275kB) |
Abstract
Bank Rakyat Indonesia (BRI) sebagai pelaku usaha dalam menjalankan kegiatan usahanya yaitu bertugas memberikan kemanan kepada konsumen untuk menabung, oleh karena itu pelaku usaha mempunyai kewajiban melaksanakan Tanggung jawab maupun konsumen mempunyai hak dan kewajiban untuk menuntut ganti rugi sebagaimana yang telah diatur pada Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, yang mewajibkan pelaku usaha untuk memberikan tanggung jawab kepada konsumen. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis normatif dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder. Metode pengumpulan data dengan studi kepustakaan, data yang diperoleh disajikan dengan teks naratif, dan metode analisis data yang digunakan adalah metode normatif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa Putusan Nomor 3/Pdt.Sus-BPSK/2023/PN Llg pelaku usaha tidak bertanggung jawab atas transaksi tersebut dan melanggar ketentuan Undang-Undang Nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen Pasal 19 ayat (1) dan (2) karena atas simpanan dana tersebut pelaku usaha tidak bisa menjamin keamanan, kenyamanan konsumen.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | E24052 |
Uncontrolled Keywords: | Tanggung jawab, pelaku usaha, tabungan konsumen |
Subjects: | C > C792 Consumer protection S > S59 Saving and investment |
Divisions: | Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum |
Depositing User: | Mr. Adrian Ramdan Pardomuan |
Date Deposited: | 18 Apr 2024 00:52 |
Last Modified: | 18 Apr 2024 00:52 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/26471 |
Actions (login required)
View Item |