MAWARNI, Ravlesia Kusuma (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Renang Berbasis Smart Apps Creator (SAC) untuk Siswa SMA. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Ravlesia Kusuma Mawarni-I1E020009-Skripsi-2024.pdf Download (74kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Ravlesia Kusuma Mawarni-I1E020009-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (681kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Ravlesia Kusuma Mawarni-I1E020009-Skripsi-2024.pdf Download (44kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Ravlesia Kusuma Mawarni-I1E020009-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (70kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Ravlesia Kusuma Mawarni-I1E020009-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Ravlesia Kusuma Mawarni-I1E020009-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (477kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Ravlesia Kusuma Mawarni-I1E020009-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (400kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Ravlesia Kusuma Mawarni-I1E020009-Skripsi-2024.pdf Download (40kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Ravlesia Kusuma Mawarni-I1E020009-Skripsi-2024.pdf Download (264kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Ravlesia Kusuma Mawarni-I1E020009-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Latar Belakang: Pembelajaran didukung oleh teknologi, bukan hanya sekadar menggantikan metode pengajaran tradisional, tetapi membuka pintu untuk pengalaman belajar yang lebih menarik, interaktif, dan berdampak positif pada prestasi akademik siswa.Tujuan dari penelitian ini untuk membuat media pembelajaran yang layak dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Metodologi: Penelitian ini akan menggunakan penelitian dan pengembangan (R&D), Populasi yang ditetapkan adalah siswa kelas XI dari tiga sekolah di wilayah tertentu: SMAN 2 Cilacap (72 siswa), SMA Negeri 1 Jeruklegi (31 Siswa), dan SMA Negeri 1 Maos (71 Siswa). Model penelitian yang akan peneliti gunakan yaitu menggunakan model pengembangan sugiyono yang berisikan 10 tahapan. Instrumen penelitian menggunakan angket yang menggunakan rentang skala likert 1-5. Hasil Penelitian: Media pembelajaran renang berbasis Smart Apps Creator layak untuk digunakan berdasarkan penilaian siswa sebesar 91.75% dan penilaian guru sebesar 95.76%, kemudian hasil penilaian ahli media 92.38%, ahli materi 88.00% dan ahli bahasa 100% sehingga dapat disimpulkan media tersebut berada pada kategori sangat layak. Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan terhadap kedua kelompok secara signifikan. Kelompok treatment meningkat 0.000 sedangkan kelompok kontrol 0.016, sehingga dapat disimpulkan media SAC efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kesimpulan: Media pembelajaran renang berbasis Smart Apps Creator layak untuk digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | I24178 |
Uncontrolled Keywords: | SAC, Media Pembelajaran |
Subjects: | C > C716 Concept learning |
Divisions: | Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs. Ravlesia Kusuma Mawarni |
Date Deposited: | 16 May 2024 07:43 |
Last Modified: | 16 May 2024 07:43 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/26973 |
Actions (login required)
View Item |