ASFAR, Chusni (2024) Evaluasi Pelaksanaan Ekstrakurikuler Futsal di SMA N 3 Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Chusni Asfar-I1E020025-Skripsi-2024.pdf Download (291kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Chusni Asfar-I1E020025-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (735kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Chusni Asfar-I1E020025-Skripsi-2024.pdf Download (398kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-Chusni Asfar-I1E020025-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 16 May 2025. Download (429kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Chusni Asfar-I1E020025-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 16 May 2025. Download (471kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-Chusni Asfar-I1E020025-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 16 May 2025. Download (372kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Chusni Asfar-I1E020025-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (471kB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-Chusni Asfar-I1E020025-Skripsi-2024.pdf Download (346kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Chusni Asfar-I1E020025-Skripsi-2024.pdf Download (377kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Chusni Asfar-I1E020025-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Latar Belakang: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program ektrakurikuler futsal di SMA N 3 Purwokerto dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) dengan pendekatan kualitatif yang meliputi (1) Context yaitu visi & misi dan tujuan program, (2) Input yaitu sumber daya manusia pemain dan pelatih, (3) Process yaitu pelaksanaan program latihan, penyediaan serta penggunaan sarana & prasarana, monitoring serta pendanaan dalam pelaksanaan ekstrakurikuler futsal SMA N 3 purwokerto, (4) Product yaitu hasil atau sejauh mana prestasi yang telah dicapai. Metodologi: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-evaluatif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah pelatih dan atlet futsal SMA N 3 Purwokerto, serta cara penentuan informan dengan menggunakan teknik purposive sumpling. Responden dalam penelitian ini yaitu terdiri dari 2 pelatih futsal dan 10 pemain futsal putra SMA N 3 Purwokerto yang masih aktif latihan. Instrumen dalam penelitian ini adalah dadalah dengan menggunakan pengamatan (observasi), wawancara (interview), dan dokumentasi. Dalam hal ini, kriteria keberhasilan digunakan untuk melakukan evaluasi dari masing-masing variabel CIPP dengan tiga kategori: baik, cukup dan kurang. Analisis Data: Penelitian ini menggunakan analisis data triangulasi yang diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Langkah-langkah yang diambil dalam analisis data ini antara lain pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Hasil Penelitian: Hasil penelitian dari evaluasi ini adalah (1) Context meliputi visi & misi dan tujuan pelaksanaan termasuk dalam kategori “baik” (2) Input yang meliputi perekrutan pemain dan pelatih termasuk dalam kategori “baik” (3) Process meliputi pelaksanaan program latihan, pennyediaan sarana & prasrana, monitoring serta pendanaan dalam kategori “cukup” (4) Product meliputi kesesuaian tujuan prestasi yang di capai dalam kategori “baik”. Kesimpulan: Secara keseluruhan pelaksanaan ekstrakurikuler futsal di SMA N 3 Purwokerto sudah baik, hal ini dapat dilihat dari prestasi-prestasi yang didapatkan oleh SMA N 3 purwokerto di tingkat Kabupaten sampai dengan nasional.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | I24181 |
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi, CIPP, Ekstrakurikuler, Futsal |
Subjects: | B > B20 Ball games Football Sports S > S761 Student activities |
Divisions: | Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Chusni Asfar |
Date Deposited: | 16 May 2024 06:37 |
Last Modified: | 16 May 2024 06:37 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/26991 |
Actions (login required)
View Item |