ROSITA, Rena Intan (2024) A Semiotics Analysis of Masculinity in Clear Shampoo Ads. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Rena Intan Rosita-J1A019061-Skripsi-2024.pdf Download (46kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Rena Intan Rosita-J1A019061-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (606kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Rena Intan Rosita-J1A019061-Skripsi-2024.pdf Download (43kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Rena Intan Rosita-J1A019061-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 21 May 2025. Download (143kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Rena Intan Rosita-J1A019061-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 21 May 2025. Download (233kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Rena Intan Rosita-J1A019061-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 21 May 2025. Download (46kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Rena Intan Rosita-J1A019061-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Rena Intan Rosita-J1A019061-Skripsi-2024.pdf Download (41kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Rena Intan Rosita-J1A019061-Skripsi-2024.pdf Download (119kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membantu copywriter memberikan hasil yang dapat dijadikan masukan dalam bidang periklanan atau media lain, sebagai gambaran untuk bahan pertimbangan pengambilan keputusan dan juga membantu dalam mempersiapkan atau merencanakan strategi periklanan yang tepat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif yang digunakan untuk melakukan penelitian ini. Data penelitian ini adalah potret maskulinitas yang ditampilkan dalam iklan Clear yang diperankan oleh para aktor yang dipasang di channel Youtube Clear Philippines. Data tersebut dianalisis menggunakan teori Barthes (1995) untuk menemukan makna denotasi dan konotasi. Kemudian untuk menganalisa maskulin menggunakan teori Connell (2005). Dalam menentukan sampel penelitian, dipilih total sampling dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa iklan sampo Clear menunjukkan budaya hegemoni maskulin di masyarakat melalui para adegan aktor yang di tampilkan di iklan, seperti budaya hegemoni atau kekuasaan pria yang dipengaruhi oleh norma sosial masyarakat terhadap nilai maskulin lainnya, seperti marginal, subordinasi dan complament.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | J24135 |
Uncontrolled Keywords: | Semiotika, Iklan, Roland Barthes, Maskulin |
Subjects: | A > A74 Advertising S > S210 Semiotics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Mrs. Rena Intan Rosita |
Date Deposited: | 21 May 2024 06:27 |
Last Modified: | 21 May 2024 06:27 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/27217 |
Actions (login required)
View Item |