DIRMAWAN, Bima Restu (2024) Bilingual Tourism Promotion in Sukoharjo Through a Promotional Video on TikTok. Diploma thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Bima Restu Dirmawan-J0A021007-Tugas Akhir-2024.pdf Download (91kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Bima Restu Dirmawan-J0A021007-Tugas Akhir-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Bima Restu Dirmawan-J0A021007-Tugas Akhir-2024.pdf Download (197kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Bima Restu Dirmawan-J0A021007-Tugas Akhir-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 22 May 2025. Download (251kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Bima Restu Dirmawan-J0A021007-Tugas Akhir-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 22 May 2025. Download (324kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Bima Restu Dirmawan-J0A021007-Tugas Akhir-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 22 May 2025. Download (202kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Bima Restu Dirmawan-J0A021007-Tugas Akhir-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Bima Restu Dirmawan-J0A021007-Tugas Akhir-2024.pdf Download (187kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Bima Restu Dirmawan-J0A021007-Tugas Akhir-2024.pdf Download (264kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Bima Restu Dirmawan-J0A021007-Tugas Akhir-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (853kB) |
Abstract
Laporan ini ditulis berdasarkan praktik kerja yang telah dilakukan di Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Sukoharjo dari 11 September 2023 hingga 15 Desember 2023. Disporapar Sukoharjo adalah departemen pemerintah yang bertanggung jawab untuk mempromosikan pariwisata di Sukoharjo. The Heritage Palace dipilih sebagai tujuan wisata di mana penulis membuat video promosi. Tujuan wisata ini dipilih karena memiliki keunikan dan banyak atraksi yang dapat dinikmati oleh wisatawan. Dalam penyusunan laporan praktik kerja ini, terdapat tiga metode, yaitu observasi, dokumentasi, dan praktik langsung. Observasi dilakukan sebelum dan selama pelatihan kerja, sedangkan dokumentasi dan praktik langsung dilakukan selama praktik kerja. Ketiga metode ini digunakan dalam pelaksanaan praktik kerja yang bertujuan untuk membuat video promosi dua bahasa. Hasil video promosi tersebut berupa video sinematik dengan narasi Bahasa Indonesia dan teks bahasa Inggris. Ada tiga langkah dalam proses produksi video promosi dua bahasa, yaitu langkah persiapan, langkah produksi, dan langkah pasca-produksi. Di dalam langkah persiapan, ada beberapa tahap yaitu menentukan nama akun video promosi, menentukan tempat pariwisata, melakukan riset tentang tempat pariwisata, membuat keterangan dan hashtag, membuat naskah, serta membuat papan cerita. Selain itu, ada tiga tahap dalam langkah produksi, yaitu menetapkan posisi perangkat video, merekam video promosi, dan mengedit video promosi. Dalam langkah pasca-produksi, ada satu tahap yaitu publikasi proyek. Terdapat beberapa hambatan selama proses tersebut, namun itu semua dapat diselesaikan dengan cepat. Hasil dari video promosi dipunggah di akun TikTok Disporapar Sukoharjo. Kemudian, video tersebut mendapatkan lebih dari 1500 penonton.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Nomor Inventaris: | D324031 |
Uncontrolled Keywords: | Promotional video, TikTok, Tourist Destination |
Subjects: | C > C1009 Cultural tourism |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > D3 Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr. Bima Restu Dirmawan |
Date Deposited: | 22 May 2024 06:46 |
Last Modified: | 22 May 2024 06:46 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/27330 |
Actions (login required)
View Item |