STRIANY, Iin (2024) Implementasi CSR PT Bangun Tenera Riau (BTR) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
1. COVER-IIN STRIANY-F2C022004-TESIS-2024.pdf Download (248kB) |
|
PDF (Legalitas)
2. LEGALITAS-IIN STRIANY-F2C022004-TESIS-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (432kB) |
|
PDF (Abstrak)
3. ABSTRAK-IIN STRIANY-F2C022004-TESIS-2024.pdf Download (224kB) |
|
PDF (BabI)
4. BAB I-IIN STRIANY-F2C022004-TESIS-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 14 June 2025. Download (267kB) |
|
PDF (BabII)
5. BAB II-IIN STRIANY-F2C022004-TESIS-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 14 June 2025. Download (439kB) |
|
PDF (BabIII)
6. BAB III-IIN STRIANY-F2C022004-TESIS-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 14 June 2025. Download (263kB) |
|
PDF (BabIV)
7. BAB IV-IIN STRIANY-F2C022004-TESIS-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
8. BAB V-IIN STRIANY-F2C022004-TESIS-2024.pdf Download (204kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA-IIN STRIANY-F2C022004-TESIS-2024.pdf Download (266kB) |
|
PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN-IIN STRIANY-F2C022004-TESIS-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (772kB) |
Abstract
Perusahaan diharapkan sebaik mungkin melaksanakan tanggung jawab sosial perusahaan dan memberikan manfaat bagi lingkungan eksternal perusahaan atau masyarakat sekitar. Namun dalam pelaksanaannya, CSR membutuhkan strategi komunikasi yang baik antara perusahaan yang diwakilkan oleh praktisi PR dengan masyarakat atau kelompok yang menjadi sasaran program agar terciptanya saling pengertian antara kedua belah pihak dan tercapainya program CSR yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan studi kasus. Pengumpulan data pada penelitian ini didapatkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemilihan informan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh selama penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis data Creswell. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teori yang digunakan yaitu teori Stakeholder dan Public Relations. Hasil penelitian ditemukan bahwa 1) Program CSR yang dilakukan oleh PT BTR fokus pada pembangunan dibidang pendidikan yang sejatinya dapat dibebankan kepada pemerintah setempat serta kurangnya kesadaran pengelola CSR terhadap program-program yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 2) Strategi komunikasi pada pelaksanaan CSR tidak dilakukan secara merata pada target sasaran dan pemberian informasi terkait bantuan hanya fokus pada aparat desa, sehingga menimbulkan kebingungan bagi penerima bantuan karena kurangnya informasi terkait pelaksanaan bantuan dan tidak melibatkan sasaran pada proses diskusi terkait pengalihan bantuan ruang kelas. 3) Implementasi CSR PT BTR hanya menekankan pada keberhasilan pelaksanaan program di lapangan, namun tidak melakukan evaluasi secara signifikan ketika program selesai dilaksanakan. Sehingga program CSR yang dilakukan perusahaan hanya bersifat mengulang tanpa melakukan inovasi pada pelaksanaan program selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Nomor Inventaris: | P224129 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi komunikasi, Corporate Social Responsibility, Public Relations |
Subjects: | S > S446 Social responsibility of business |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Mrs. IIN STRIANY |
Date Deposited: | 14 Jun 2024 03:27 |
Last Modified: | 14 Jun 2024 03:27 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/27516 |
Actions (login required)
View Item |